• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • School of Postgraduate
    • Master Theses (Master of Management)
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • School of Postgraduate
    • Master Theses (Master of Management)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kebijakan Pemerintah Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Bahan Bakar Minyak PETRO 4 (Studi Empiris : PT Petro Andalan Nusantara)

    View/Open
    Fulltext (3.104Mb)
    Date
    2015
    Author
    Sinaga, Jummy Bismar Martua
    Advisor(s)
    Fauzi, Amrin
    Sutarman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    PT Petro Andalan Nusantara sebagai salah satu anak perusahaan Wilmar Groupyang bergerak dalam usaha niaga umum bahan bakar minyak, salah satu produknya yaitu Petro-4 yang merupakan minyak sejenis solar. Penjualan produk bahan bakar minyak (BBM) ini mengalami penurunan penjualan yang sangat drastis dari tahun 2013 sampai dengan 2014 dibandingkan dengan tahun 2012. Geladikarya ini disusun untuk mengkaji pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, saluran distribusi, promosi) dan kebijakan pemerintah terhadap peningkatan volume penjualan Petro-4, adapun kebijakan pemerintah dalam hal ini sesuai dengan mandatori pemerintah terkait penetapan dan pencampuran minyak bahan bakar nabati atau biodiesel kedalam minyak solar yaitu dalam Peraturan Menteri ESDM No. 25 Tahun 2013, dan perubahannya No. 12 Tahun 2015. Adapun populasi penelitian ini adalah semua perusahaan yang pernah atau existing menjadi konsumen PT Petro Andalan Nusantara dimana unit cabang operasional berada diseluruh Indonesia, dengan teknik pengambilan sampel adalah area sampling. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data secara distribusi kuisioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang terkumpul diolah secara kuantitatif dengan analisa data secara statistik yaitu analisa korelasi dan analisa regresi liner berganda dengan bantuan program SPSS versi 21. Adapun hasil dari penelitian ini berdasarkan uji simultan menunjukkan bahwa bauran pemasaran dan kebijakan pemerintah secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap peningkatan volume penjualan Petro-4, sedangkan berdasarkan uji parsial faktor yang paling berpengaruh signifikan berdasarkan urutannya adalah kebijakan pemerintah, promosi dan saluran distribusi. Dan dapat juga disimpulkan bahwa 42.7 % peningkatan volume penjualan Petro 4 PAN dapat dijelaskan oleh variabel, produk, harga, saluran distribusi, promosi dan kebijakan pemerintah. Sedangkan 57,3% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/21880
    Collections
    • Master Theses (Master of Management) [582]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV