Pengaruh Komponen Produk dan Promosi Wisata Terhadap Citra (Image) Destinasi dan Dampaknya pada Niat Wisatawan untuk Melakukan Kunjungan Ulang ke Kawasan Danau Toba Sumatera Utara
View/ Open
Date
2019Author
Manangiuli, Liana
Advisor(s)
Sinulinnga, Sukaria
Sibarani, Robert
Metadata
Show full item recordAbstract
Sumatera Utara memiliki potensi wisata dari segi fisik (keindahan alam)
maupun non fisik (sejarah, adat istiadat dan kekhasan daerah). Tujuan
penelitian ini adalah menganalisa dan mengevaluasi faktor komponen
produk dan promosi wisata yang berpengaruh signifikan terhadap jumlah
wisatawan di Kawasan Danau Toba dan merancang kebijakan dan strategi di
Kawasan Danau Toba. Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif, 7
kabupaten wisata di Danau Toba Sumatera Utara menjadi wilayah penelitian
dengan menggunakan 150 wisatawan sebagai sampel. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa produk wisata tidak berpengaruh terhadap minat
kunjungan secara langsung namun mempengaruhi citra wisata. Promosi
mempengaruhi minat kunjungan baik secara langsung dan tidak langsung
melalui citra destinasi. Sementara itu kabupaten yang membutuhkan
perbaikan terhadap objek wisata yakni Kabupaten Tapanuli Utara.