Child Language Acquisition Development
View/ Open
Date
2019Author
Daud, Muhammad
Advisor(s)
Setia, Eddy
Tarigan, Bahagia
Metadata
Show full item recordAbstract
This thesis is entitled Child Language Acquisition Development. The purpose of this study is analyzes how a three-year old child that as a subject of this research acquire his first language and the factors affecting his language acquisition. In analyzing the data, the researcher uses the Behaviorist, Rationalist, and Interactionist theories. The Method that is used in this research is descriptive qualitative method. The data in this thesis are the subject’s utterances that have been recorded by the researcher for a year. The result of this research shows that this subject acquire his vocabulary through interaction and imitation. It also shows that the factors affecting his language acquisition is innate ability but further shaped by form of imitation, correction and structured input. Skripsi ini berjudul Child Language Acquisition Development. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang bagaimana seorang anak berusia tiga tahun yang menjadi subjek penelitian ini memperoleh bahasa pertama dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasanya. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teori Behavioris, Rasionalis, dan Interaksionis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam skripsi ini adalah ucapan-ucapan dari subjek yang direkam oleh peneliti selama satu tahun. Penelitian ini menunjukkan bahwa subjek penelitian ini memperoleh kosa katanya melalui interaksi dan meniru orang lain. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa subjek penelitian ini adalah kemampuan bawaan yang kemudian diasah dalam bentuk meniru orang lain, perbaikan kata dan masukan yang terstruktur.
Collections
- Undergraduate Theses [842]