Convergence Analysis in The Conversation Between Employee and Guests in The Deli River Hotel
View/ Open
Date
2019Author
Putri, Enno Mardhila
Advisor(s)
Rangkuti, Rahmadsyah
Nasution, Ely Hayati
Metadata
Show full item recordAbstract
Setiap orang pasti melakukan komunikasi dalam setiap detik, menit, jam dan hari kepada orang lain. Tentunya ada interaksi komunikasi yang terjalin di antara orang-orang dalam kehidupan sosial atau orang-orang di luar kehidupan sosial. Ketika berbicara dengan orang yang dikenal atau tidak dikenal, orang-orang itu harus dapat menyesuaikan atau beradaptasi selama komunikasi. Konvergensi adalah strategi komunikasi adaptasi yang akan menimbulkan respons positif kepada pemakainya. Penelitian ini membahas tentang strategi konvergensi dengan analisis judul konvergensi dalam percakapan antara karyawan dan tamu di hotel Deli River. Sumber data penelitian ini diambil dari hotel Deli River dengan merekam 10 percakapan antara karyawan dan tamu dalam situasi konteks yang berbeda. Makalah ini bertujuan untuk mengetahui strategi konvergensi dan mendeskripsikan elemen dan motif strategi konvergensi yang digunakan dalam percakapan antara karyawan dan tamu di Deli river Hotel serta untuk melihat percakapan antara karyawan dan tamu yang lancar karena strategi konvergensi. Elemen-elemen yang diadaptasi oleh karyawan dan tamu, adalah bahasa Inggris sebagai elemen bahasa, gerakan atau ekspresi wajah seperti senyuman sebagai elemen nonverbal, dan dialek atau aksen seperti karyawan menggunakan dialek Indonesia ketika berbicara dengan tamu sebagai elemen paralanguage. Dan motifnya ingin mendapatkan persetujuan satu sama lain seperti karyawan dan tamu berkompromi untuk memilih bahasa kemudian mereka menyetujui untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa mereka untuk berkomunikasi, menyatu dengan gaya linguistik umum seperti karyawan dan tamu beradaptasi dengan bahasa Inggris gaya yang mereka gunakan untuk berkomunikasi dan merefleksikan keinginan untuk presentasi diri bersama dengan orang lain yang berinteraksi seperti karyawan dan tamu menciptakan kesan yang baik satu sama lain. Makalah ini bertujuan untuk mengetahui strategi konvergensi dan mendeskripsikan elemen dan motif strategi konvergensi yang digunakan dalam percakapan antara karyawan dan tamu di Deli river Hotel serta untuk melihat percakapan antara karyawan dan tamu yang lancar karena strategi konvergensi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori strategi konvergensi oleh Howard Giles (1973). Penelitian ini merekam 10 video percakapan dalam situasi konteks yang berbeda dan ditranskripsi ke dalam teks percakapan. Penelitian ini menemukan 3 elemen dan 3 motif strategi konvergensi dalam setiap percakapan. 3 elemen tersebut adalah bahasa, nonverbal dan paralanguage dan 3 motif ingin mendapatkan persetujuan dari satu sama lain, menyatu dengan gaya linguistik umum dan mencerminkan keinginan untuk presentasi diri bersama dengan interaksi lainnya. Every people must be done the communication in every single second, minute, hour and day to the other people. There must be a communication interaction intertwined among people in the social life or people outside the social life. When talking to people who are known or unknown, those people should be able to adjust or adapt during the communication. Convergence is an adaptation communication strategy that will give rise to a positive response to the wearer. This research talks about the convergence strategy with the title convergence analysis in the conversation between employee and guests in Deli River hotel. The source data of this reseach taken from Deli River hotel by recording 10 conversations between employee and guests in different context situation. This paper purpose to find out the convergence strategy and to describe the elements and motive of convergence strategy used in conversation between the employee and guests in Deli river Hotel and to see the conversation between the employee and guests were effective fluent due to convergence strategy. The elements which the employee and guests adapt, are english as the element of language, gesture or facial expression such as smile as the element of nonverbal, and dialect or accent such as the employee was using indonesian dialect when talking to the guest as the element of paralanguage. And the motives are desiring to gain approval from one another such as the employee and guests compromise to choose a language then they approve to use english as their language to communicate, converging to common linguistics style such as the employee and guests adapt to the english language style that they use to communicate and reflecting the desire for a shared self-presentation with the other interactant such as the employee and guests created a good impression to each other. This research used descriptive qualitative method by using theory of convergence strategy by Howard Giles (1973). The research recorded 10 video of conversation in different context situation and transcribed into conversation text. The research found 3 elements and 3 motives of convergence strategy in each conversation. The 3 elements are language, nonverbal and paralanguage and the 3 motives are desiring to gain approval from one another, converging to common linguistics style and reflecting the desire for a shared self-presentation with the other interactant.
Collections
- Undergraduate Theses [842]