Analisis Kebutuhan Training E-Learning Bagi Sekretaris Direksi PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan
Abstract
Seiring berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi yang canggih,
SDM dituntut untuk mampu menghadapi tantangan global, khususnya persaingan
dalam kompetensi SDM di bidangnya. Kualitas SDM sebuah perusahaan
merupakan salah satu faktor utama baik atau buruknya perusahaan. Jika SDM
lemah, maka perkembangan perusahaan dapat terhambat dan produktivitasnya
menjadi terbatas sehingga perusahaan tidak mampu bersaing, baik dalam skala
lokal, regional, maupun global. Organisasi menempuh berbagai cara untuk
mendapatkan SDM yang memiliki kualitas tinggi, etos kerja produkif,
keterampilan dan kreativitas, profesionalisme, disiplin, serta mampu menguasai
dan mengembangkan teknologi.
Perusahaan membutuhkan karyawan yang mempunyai kinerja (Job
Performance) tinggi agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Untuk
memastikan bahwa prinsip the right man in the right place telah digunakan, maka
perlu diadakannya kegiatan training, karena penempatan karyawan dalam
pekerjaan secara langsung tidak menjamin mereka akan berhasil.
Training bagi perusahaan dilakukan untuk meningkatkan produtivitas,
sedangkan training bagi karyawan dilakukan untuk meningkatkan kinerja karena
setiap manusia perlu belajar dan berlatih agar memiliki kompetensi dan
kemampuan yang memadai dalam mengerjakan suatu pekerjaan.