Pengaruh Depresi dan Regulasi Diri Terhadap Kecanduan Online Game pada Individu Dewasa Dini Pemain Mobile Legends (The Effect of Depression and Self-Regulation on Online Game Addiction among Early Adult Mobile Legends’s Players)
View/ Open
Date
2019Author
Safitri, Rahma
Advisor(s)
Sutatminingsih, Raras
Siregar, Rodiatul Hasanah
Metadata
Show full item recordAbstract
Mobile Legends has been a favoured by many people nowadays, and sometimes it meka users forget their time and become addicted. Previous studies have shown the effect of depression or self regulation on online game addiction in early adult but there is still no research that examine the effect of depression and self-regulation on online game addiction in Mobile Legends player. Purpose of this research is to examine the effect of depression and self-regulation on online game addiction in early adult Mobile Legends Players. Participants in this research are 375 early adults Mobile Legends players taken by used incidental sampling technique. This research used BDI-II, self regulation and online game addiction scale. The results indiciate that (1) there was positive effect of depression on online game addiction, (2) there was negative effect of self-regulation on online game addiction, (3) there was negative effect of depression on self regulation, and (4) there was positive effect of depression on online game addiction mediated by self-regulation. Mobile Legends merupakan online game yang sangat digemari oleh semua orang baik anak-anak sampai dewasa untuk dijadikan hiburan, sehingga dapat membuat penggunanya terkadang lupa waktu dan mengalami kecanduan. Beberapa peneliti telah banyak yang melakukan penelitian mengenai depresi atau regulasi diri terhadap kecanduan online game pada individu dewasa dini, namun masih belum ada yang meneliti pengaruh depresi dan regulasi diri terhadap kecanduan online game pada pemain Mobile Legends. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh depresi dan regulasi diri terhadap kecanduan online game pada individu dewasa dini yang bermain Mobile Legends. Partisipan pada penelitian ini adalah 375 orang pemain Mobile Legends berusia dewasa dini yang diambil menggunakan teknik incidental sampling. Alat ukur pada penelitian ini menggunakan BDI-II, skala regulasi diri dan skala kecanduan online game. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif depresi terhadap kecanduan online game, (2) ada pengaruh negatif regulasi diri terhadap kecanduan online game, (3) ada pengaruh negatif depresi terhadap regulasi diri, dan (4) ada pengaruh positif depresi terhadap kecanduan online game yang dimediasi oleh regulasi diri.