dc.description.abstract | Pengembangan produk baru atau menciptakan produk baru merupakan
tugas yang sering terlupakan. Pada saat salah satu atau beberapa produk
dipasarkan itu berada pada tahap “kedewasaan”, maka perusahaan haruslah
memanfaatkan keuntungan yang diperolehnya dari produk yang berada pada tahap
tersebut untuk mengembangkan ide penciptaan produk baru. produk baru inilah
yang diharapkan menggantikan produk yang lama yang saat ini tengah berjaya.
Pada tahun 2009-2013 terjadi peningkatan penjualan keramik lantai dan
dinding, pertumbuhan rata-rata penjualan 5,4 % per tahun. Walaupun mengalami
kenaikan, ada beberapa tipe produk keramikyang mengalami penurunan di dalam
penjualannya dan ada juga beberapa tipe produk keramik yang penjualannya
mengalami kenaikan. Ada beberapa tipe produk keramik yang meningkat
penjualannya yaitu Inserto, Panel dan Listello, sedangkan ada beberapa tipe
produk keramik yang menurun penjualannya yaitu Dot, Mozaico dan Pola. Jadi
dapat dikatakan bahwa terjadinya penurunan penjualan beberapa tipe produk ini
berkaitan erat dengan pilihan pelanggan terhadap tipe produk yang dimiliki PT
Aster Decorindo Abadi, dimana ada beberapa tipe produk keramik yang disukai
oleh pelanggan, sehingga berpengaruh terhadap volume penjualan beberapa tipe
produk keramik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui factor-faktor apa saja yang
mempengaruhi konsumen untuk memilih tipe produk keramik di PT Aster
Decorindo Abadi dan untuk merumuskan kebijakan yang harus dilakukan
perusahaan agar mampu meningkatkan penjualan beberapa tipe keramik dari PT
Aster Faktor-faktor yang berpengaruh tersebut adalah Keunggulan Tipe Produk,
Pengetahuan Konsumen Terhadap Tipe Produk, dan Promosi, dimna ketiga factor
ini apakah berpengaruh signifikan terhadap Minat Konsumen Terhadap Tipe
Produk Keramik PT Aster.
Dari hasil penelitian terdapat dua faktor yang mempengaruhi variabel MInat
Konsumen Terhadap Tipe Produk (Variabel Y), yaitu Variabel Keunggulan
Terhadap Tipe Produk (X1) dan Variabel Promosi (X3). PT Aster harus dapat
memperbaiki kedua hal tersebut agar tipe produk keramik dapat diminati oleh
pelanggan. | en_US |