Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Indihome PT Telkom Regional I Sumatera (Wilayah Telekomunikasi) Witel Medan
View/ Open
Date
2019Author
Sitanggang, Juwita Magdalena
Advisor(s)
Sinulingga, Sukaria
Fachrudin, Khaira Amalia
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilakukan di PT Telkom Regional I Sumatera Wilayah Telekomunikasi
(Witel) Medan. Tujuan penelitian ini adalah merumuskan kebijakan penyelesaian
masalah yang menyangkut kualitas produk guna meningkatkan loyalitas pelanggan
Indihome PT TelkomRegional I SumateraWitelMedan dengan kepuasan pelanggan
sebagai variabel intervening.
Metode analisis yang digunakan adalah Path Analysis. Jenis penelitian deskriptif
kausal. Variabel independen adalah Kualitas Produkdan variabel dependen adalah
Loyalitas Pelanggan, serta variabel interveningnya adalah Kepuasan Pelanggan.
Populasi penelitian ini adalah pengguna jasa IndiHome di Witel Medan Bulan Januari
s.d Agustus 2018 yakni sebanyak 43.250 pelanggan dengan jumlah sampel sebanyak
396 pelanggandengan menggunakan metode pengambilan sampel secara simple
random sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara serempak kepuasan pelanggan
dengan nilai koefisien determinasi sebesar 84,8% dipengaruh oleh kualitas produk
(kinerja, keragaman produk, kehandalan, kesesuaian, daya tahan, kemampuan
pelayanan dan kualitas yang dipersepsikan). Secara serempak loyalitas pelanggan
dengan nilai koefisien determinasi sebesar 9,5% dipengaruhi oleh kualitas produk dan
kepuasan pelanggan. Koefisien determinsi total adalah 63,1%, angka ini
menunjukkan bahwa informasi yang terkandung dalam data sebesar 63,1% dijelaskan
oleh model, sedangkan sisanya dijelaskan oleh varibel lain dan error. Pada Uji t
Pengaruh Kualitas Produk (X) dan Kepuasan Pelanggan (Y) secara Parsial terhadap
Loyalitas Pelanggan diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh signifikan variabel
kinerja (0,029), daya tahan (0,030), kualitas yang dipersepsikan (0,012) dan kepuasan
(0,001).
Hasil pengujian analisis jalur pengaruh langsung menunjukkan bahwa pengaruh
langsung kinerja produk terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,183; daya tahan
produk sebesar 0,104; kemampuan pelayanan pelanggan sebesar 0,548; kualitas yang
dipersepsikan sebesar 0,081, namuun tidak terdapat pengaruh signifikan keragaman
produk; kehandalan produk; kesesuaian produk.
Secara langsung terdapat pengaruh signifikan kinerja terhadap loyalitas
pelanggan sebesar 0,220; daya tahan sebesar 0,149; kualitas yang dipersepsikan
sebesar 0,216; dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,421.
Namun tidak terdapat pengaruh signifikan keragaman produk; kehandalan;
kesesuaian; kemampuan pelayanan terhadap loyalitas pelanggan.
Secara tidak langsung kinerja produk mempunyai pengaruh signifikan terhadap
loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebesar 0,077; keragaman produk sebesar 0,013;kehandalan produk sebesar 0,007; kesesuaian produk sebesar 0,030;
daya tahan produk sebesar 0,043; kemampuan pelayanan sebesar 0,230; kualitas
yang dipersepsikan sebesar 0,234.