dc.description.abstract | Bagi perusahaan yang memiliki citra merek yang baik akan mendapatkan
persepsi yang positif dari konsumen, sehingga keputusan konsumen untuk
menggunakan produk menjadi lebih tinggi. Untuk itu perlu untuk mengetahui
berbagai hal dan faktor yang dapat membentuk citra merek itu sendiri. Citra
merek pada dasarnya dapat membentuk kerelaan yang tinggi bagi konsumen
untuk membeli produk perusahaan secara terus menerus. Untuk membangun citra
merek pada produk perusahaan ada tujuh dimensi product image untuk mengukur
citra merek, yaitu Performance, Durability, Conformance to Specification,
Features, Reliability, Aesthetics dan Perceived Quality.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang dapat
membentuk Citra Merek Kawat Las Gemini berdasarkan persepsi konsumen.
Melakukan identifikasi atas faktor yang paling signifikan membentuk Citra Merek
Kawat Las Gemini berdasarkan persepsi konsumen. Dimana sampel yang diambil
pada penelitian ini adalah sebanyak 120 orang. Data dikumpulkan dengan
menggunakan kuesioner. Data diuji dengan menggunakan uji validitas dan
reliabilitas, dan data harus memenuhi unsur syarat uji asumsi klasik. Uji analisa
data dengan menggunakan analisis faktor.
Penelitian ini berkesimpulan bahwa Performance, Durability,
Conformance, Features, Reliability, dan Aeshetic adalah faktor – faktor yang
dapat mempengaruhi Citra Merek Kawat Las Merek Gemini. Selanjutnya
Variabel Performance, Durability, Conformance merupakan variabel yang secara
signifikan mempengaruhi citra merek kawat las gemini. Hal ini menunjukkan dan
memberikan informasi bahwa dimensi kualitas produk atau dengan kata lain
bahwa kualitas produk kawat las gemini menurut persepsi konsumen masih dinilai
kurang maksimal dibandingkan dengan kualitas produk merek lainnya. Dan dalam
penyusunan strategi untuk meningkatkan penjualan dan konsumen yang loyal
harus memperhatikan dari variabel Performance, Durability, Conformance. | en_US |