Strategi Promosi Melalui Media Sosial pada Dinas Perpustakaan Umum dan Kearsipan Kota Medan
View/ Open
Date
2019Author
Sembiring, Talenta br
Advisor(s)
Siahaan, Hotlan
Metadata
Show full item recordAbstract
Perpustakaan adalah inti dari setiap program pendidikan dan pengajaran atau dalam bahasa asingnya “The heart of educational program” (Soedibyo 1987). Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan Pasal 1 Ayat 6, “perpustakaan umum adalah perpustakaan yang diperuntukkan bagi masyarakat luas sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat tanpa membedakan umur, jenis kelamin, suku, ras, agama, dan status sosial-ekonomi”. Perpustakaan umum memiliki tujuan untuk memberikan pelayanan kepada para pengguna perpustakaan secara umum. Untuk itu berbagai bentuk layanan yang diberikan oleh perpustakaan perlu untuk diketahui oleh pengguna perpustakaan.
Usaha yang dapat dilakukan oleh perpustakaan yaitu salah satunya menggunakan promosi. Selain itu, minat pengguna perpustakaan yang tinggi tersebut pun tidak lepas dari peran promosi yang dilakukan, menyebarluaskan informasi kepada pemustaka yang membutuhkannya menjadi misi perpustakaan. Koleksi perpustakaan lengkap dengan tempat yang nyaman, namun sepi pengunjung, tentunya ini adalah penyebabnya salah satunya adalah kurangnya promosi, maka peran pustakawan untuk memasarkan produknya untuk memuaskan konsumen. Oleh karena itu dibutuhkan adanya strategi promosi melalui media sosial untuk mengetahui kebutuhan informasi pengguna. Dalam mempromosikan Perpustakaan Umum Kota Medan dibutuhkan media sosial yang digunakan untuk mengkomunikasikan atau menyampaikan pesan.
Collections
- Diploma Papers [230]