Show simple item record

dc.contributor.advisorMatondang, Abdul Rahim
dc.contributor.advisorWibowo, Rulianda Purnomo
dc.contributor.authorTokasih, Noki
dc.date.accessioned2020-01-16T01:22:42Z
dc.date.available2020-01-16T01:22:42Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/22678
dc.description.abstractOrganizational Citizenship Behavior (OCB) is a behavior of readness to play an extra role regardless of formal rewards. The objective of the research was to analyze the influence of employees’ work satisfaction, organizational commitment, employees’ length of service, and perception on the quality of superior-subordinate relationship on OCB in the employees of PT. KPPN and to formulate effective policy on solving the problem of employees’ low OCB at PT. KPPN. Independent variables were employees’ work satisfaction, organizational commitment, employees’ length of service, and perception on the quality of superior-subordinate relationship. Dependent variable was OCB. The research subject were 34 employees. The data were gathered by using questionnaires, and the hypotesis was tested by f test and t test. The result of research showed that work satisfaction and organizational commitment had positive and significant influence on OCB which indicated that the higher the work satisfaction and organizational commitment of an employee, the increasing his OCB.en_US
dc.description.abstractOrganizational Citizenship Behavior (OCB) merupakan sebuah perilaku berupa kesediaan untuk melakukan peran ekstra tanpa memandang ada tidaknya penghargaan formal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa mengenai bagaimana pengaruh kepuasan kerja karyawan, komitmen organisasional, masa kerja karyawan, dan persepsi kualitas hubungan atasan-bawahan karyawan terhadap OCB pada karyawan di PT. KPPN dan merumuskan kebijakan yang efektif untuk memecahkan masalah rendahnya OCB karyawan di PT. KPPN. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kepuasan kerja karyawan, komitmen organisasional, masa kerja karyawan, dan persepsi kualitas hubungan atasan-bawahan. Untuk variabel dependen dalam penelitian ini adalah organizational citizenship behavior (OCB). Subjek penelitian ini adalah 34 orang karyawan di PT. KPPN. Penelitian ini menggunakan kuesioner dalam pengumupulan data, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji f dan uji t. Hasil analisis hipotesis menyimpulkan bahwa kepuasan kerja dan komitmen organisasional berpegaruh signifikan terhadap OCB. Hal ini menunjukkan semakin tinggi kepuasan kerja dan komitmen organisasional seorang karyawan maka akan meningkatkan ocb karyawan tersebut.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectKepuasan Kerjaen_US
dc.subjectKomitmen Organisasionalen_US
dc.subjectMasa Kerjaen_US
dc.subjectPersepsi Kualitas Hubungan Atasan Bawahanen_US
dc.subjectOrganizational Citizenship Behavior (OCB)en_US
dc.titleAnalisis Pengaruh Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional, Masa Kerja dan Persepsi Kualitas Hubungan Atasan Bawahan Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Karyawan PT. Karsa Prima Permata Nusaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM157007050
dc.description.pages100 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record