Analisis Struktural Terhadap Novel “Naomi” Karya Junichiro Tanizaki
View/ Open
Date
2017Author
Alimurty, Nugraha
Advisor(s)
Pujiono, Muhammad
Kusdiyana, Eman
Metadata
Show full item recordAbstract
Sastra adalah karya seni yang dikarang menurut standar bahasa kesusastraan serta penggunaan kata-kata yang indah dan gaya bercerita yang menarik. Pada dasarnya karya sastra memiliki karya yang bersifat fiksi dan non fiksi. Karya sastra yang bersifat fiksi seperti novel, cerpen, komik, dan essai. Sedangkan yang bersifat non fiksi berupa puisi, lagu, dan drama. Setiap karya sastra fiksi (novel) terdiri dari unsur intrinsik (dalam sastra itu sendiri) ataupun unsur unsur ekstrinsik (dari luar) yang secara tidak langsung mempengaruhi alur sebuah karya sastra.
Novel merupakan jenis prosa dalam karya sastra. Prosa merupakan karya fiksi. Karya fiksi adalah karya sastra yang menceritakan sesuatu yang bersifat khayalan, sesuatu yang tidak ada dan terjadi sungguh-sungguh sehingga tidak perlu dicari kebenarannya. Tokoh peristiwa dan tempat yang disebut-sebut dalam fiksi adalah tokoh, peristiwa dan tempat yang bersifat imajiner.
Salah satu novel yang fenomenal adalah novel berjudul Naomi karya Junichiro Tanizaki yang merupakan penulis kenamaan di Jepang. Novel ini bercerita tentang seorang pegawai swasta bernama Kawai Jouji yang memiliki gagasan menarik tentang kehidupan berumah tangga. Kawai Jouji bertemu dengan Naomi, seorang pramuria café yang masih belia, dan kemudian tertarik untuk mengenalnya lebih jauh.
Dari sanalah kisah dalam novel Naomi ini bermula. Dengan latar Jepang pada masa pertengahan abad ke-19, saat budaya Barat mulai masuk dalam kehidupan masyarakat Jepang, Jouji kemudian ingin menjadikan Naomi sebagai istri. Alih-alih menjalani pernikahan dan kehidupan tradisional di Jepang pada umumnya, Jouji ingin hidup bersama Naomi tanpa ikatan pernikahan sembari melihat perkembangan Naomi dari gadis muda menjadi wanita dewasa. Singkatnya, Jouji ingin menjalani kehidupan berumah tangga ala Barat bersama Naomi.
Obsesi Jouji terhadap kehidupan ala Barat jugalah yang membuatnya mendidik Naomi untuk menjadi wanita anggun dan berpikir kebarat-baratan. Seiring dengan berjalannya waktu, Jouji akhirnya menyadari bahwa gagasannya tersebut malah menjadi masalah. Naomi tidak seperti yang Jouji harapkan. Naomi tumbuh menjadi wanita pembangkang, liar dan boros. Naomi selalu ingin hidup mewah dan tidak mau mengalah.
Jouji ingin menyerah terhadap gagasan-gasgasan yang telah ia bangun. Namun, kekagumannya terhadap Naomi masih lebih besar dibandingkan dengan keinginannya untuk menyerah.
Secara umum, novel Naomi sangat menarik untuk dibaca karena memiliki cerita dengan alur yang luar biasa. Kisah cinta dan benturan budaya yang ada dalam novel ini menjadi warna tersendiri. ぶんがくは文芸ぶんげいの規格きかくで、美うつくしい言葉ことばを使つかって、面白おもしろい語かたる方法ほうほうで作つくった美術びじゅつであある。文学ぶんがくは基本的きほんてきに、虚構きょこうと不虚構ふきょこうの作品さくひんを用もちいる。虚構きょこうの作品さくひんは小説しょうせつと短篇小説たんぺんしょうせつと漫画まんがと小品しょうひんである。しかし、不虚構ふきょこうのは詞章ししょうと歌うたと芝居しばいである。虚構きょこうの作品さくひんには作品さくひんに作用さようすることがある、その文学ぶんがくの中なかからの内的ないてきということと外的ということである。
小説しょうせつは作文さくぶんで散文さんぶんとしてである。散文さんぶんというのは虚構きょこうの作品さくひんである。虚構きょこうの作品さくひんは真実しんじつを調しらべなくてもよくて、仮想かそうなことで、行おこなわないことである。虚構きょこうの作品さくひんにある場所ばしょと人々ひとびとの全すべては空想的くうそうてきである。
一ひとつの現象的げんしょうてきな小説しょうせつは日本にほんの有名ゆうめいな作家さっかの谷崎純一郎たにざきじゅんいちろうの「ナオミなおみ」という小説しょうせつである。この小説しょうせつは家族かぞくの生
い
き方かたの考かんがえることを持
も
っていて、社員しゃいんの河合譲二かわいじょうじと話はなしている。河合譲二かわいじょうじは若者わかものであるカフェかふぇの商売女しょうばいおんなのナオミなおみという女おんなにであって、もっと知
し
りたくなる。
このナオミという小説しょうせつはそこから始はじまる。日本社会にほんしゃかいの生活せいかつに西洋文化せいようぶんかが入はいるときの日本にほんの十九世紀じゅうきゅうせいきの半なかばの筋立すじだてで譲二じょうじはナオミなおみを妻つまになりたがる。普通ふつうな日本にほんの伝統でんとうな人生じんせいと結婚けっこんを生
い
きるこtではなく、譲二じょうじはナオミなおみと生
い
きて、結婚けっこんのこ ともなくて、若わかい女おんなから成長せいちょうしたまでのナオミを見
み
たがる。要ようするに、譲二じょうじはナオミなおみと西洋せいようタイプたいぷの家族生かぞくいきたがった。
譲二じょうじの西洋生活せいようせいかつの拘こだわりは西洋せいようの考かんがえ方かたをもって、淑しとやか、ナオミなおみを育そだてる。. 時ときがながれて、譲二じょうじはその考かんがえ方かたのせいで、問題もんだいになることを築きずいた。ナオミは譲二じょうじのほしくなくなる。ナオミは反俗はんぞくで荒あらくて、乱費らんぴに成長せいちょうした。ナオミは贅沢ぜいたくな人生じんせいがほしくなって、喧嘩けんかに負
ま
けたくなくなる。
Collections
- Undergraduate Theses [525]