dc.contributor.advisor | Purnamawati, Sarah | |
dc.contributor.advisor | Rahmat, Romi Fadillah | |
dc.contributor.author | Prabowo, Bayu | |
dc.date.accessioned | 2020-01-20T03:16:42Z | |
dc.date.available | 2020-01-20T03:16:42Z | |
dc.date.issued | 2019 | |
dc.identifier.uri | http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/22854 | |
dc.description.abstract | Tulang belakang merupakan salah satu bagian terpenting bagi rangka tubuh manusia yang terdiri dari beberapa bagian, yaitu cervicalis, thoracalis, lumbalis dan sacrum. Tulang belakang merupakan salah satu materi yang diajarkan kepada mahasiswa kedokteran pada saat mempelajari anatomi tubuh manusia. Pembelajaran mengenai anatomi tulang belakang saat ini masih dilakukan melalui media konvensional seperti menggunakan buku dan alat peraga. Buku hanya menampilkan gambar dalam bentuk dua dimensi, sedangkan alat peraga hanya dapat digunakan di dalam laboratorium. Augmented reality dapat digunakan sebagai media alternatif untuk pembelajaran anatomi tulang belakang. Karena augmented reality dapat memvisualisasikan tulang belakang dalam bentuk objek 3D. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan aplikasi blender dalam proses pembuatan objek 3D. Untuk dapat menampilkan objek 3D peneliti menggunakan teknik image target, yaitu dengan menggunakan marker yang diambil dari buku prometheus. Prometheus merupakan buku kedokteran yang membahas materi mengenai anatomi tubuh manusia. Aplikasi augmented reality ini dibuat berbasis mobile android agar dapat digunakan kapanpun dan dimanapun oleh pengguna. Jenis interaksi yang diterapkan yaitu scale up, scale down dan rotate dengan menggunakan touch gesture pinch dan drag. Jarak dan sudut kemiringan kamera terhadap marker sangat mempengaruhi tingkat kestabilan sistem untuk mengenali marker yang digunakan. Kemudian berdasarkan penilaian yang diberikan oleh mahasiswa kedokteran dan pakar, aplikasi augmented reality ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran alternatif untuk mempelajari anatomi tulang belakang manusia. | en_US |
dc.description.abstract | Spine is one of the most important parts for the skeleton of the human body which consists of several parts, namely the cervicalis, thoracalis, lumbalis, and sacrum. Spine is one of the lesson material for medical students college when they study about anatomy of the human body. The lesson about anatomy of the spine at this time using conventional media such as using books and props. The book only displays images in two dimensions, while props can only be used in the laboratory. Augmented reality can be used as the alternative media to study anatomy of the spine. Because augmented reality can visualize the spine in form 3D object. This research, the researchest using the blender application in the process of making 3D object. To get displaying of 3D object the researchest using image target technique, that is using the marker taking from the prometheus book. Prometheus is a medical book that discusses material about anatomy of the human body. This application of augmented reality is made bases on mobile android to make easier for the user to use it everywhere and everytime. The kind of interactions using the scale up, scale down and rotate with the touch gesture pinch and drag. The distance and angle of the camera to the marker greatly affects the stability of the system to recognize the marker used. Then based on assessments given by medical students and experts, this application of augmented reality can be used as the alternative media to study anatomy of the human spine. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Tulang Belakang | en_US |
dc.subject | Augmented Reality | en_US |
dc.subject | Objek 3D | en_US |
dc.subject | Marker | en_US |
dc.subject | Android | en_US |
dc.title | 3D Model Skeleton Tulang Belakang Manusia Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM151402053 | |
dc.description.pages | 79 Halaman | en_US |
dc.description.type | Skripsi Sarjana | en_US |