Analisis Hubungan Pemanfaatan Electronic Banking dengan Pendapatan Nasabah pada Bank Permata Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pendapatan nasabah dengan penggunaan fasilitas Electronic Banking (E-Banking). Pada penggunaan fasilitas E-Banking, ada tiga hal yang diteliti yakni; hubungan antara pendapatan nasabah per bulan dengan pemakaian fasilitas E-Banking, hubungan jumlah uang tunai yang dipegang oleh nasabah dalam transaksi sehari-hari dengan pemakaian fasilitas E-Banking, dan hubungan frekuensi pemakaian fasilitas E-Banking dengan tingkat pendapatan nasabah. Penelitian dilakukan di Bank Permata Medan dengan mengambil sampel sebanyak 30 responden.
Adapun fasilitas E-Banking yang diteliti dan dianalisis adalah fasilitas ATM dan Credit Card (kartu kredit). Setelah data-data tersebut diperoleh dari nasabah Bank Permata, kemudian diolah secara manual dengan perhitungan Chi-square (Chi-kuadrat) yang akan meneliti apakah ada atau tidak hubungan diantara dua variabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara pendapatan nasabah dengan pemakaian fasilitas E-Banking, tidak terdapat hubungan jumlah uang tunai yang dipegang nasabah dengan pemakaian E-Banking, dan juga tidak terdapat hubungan antara frekuensi pemakaian fasilitas E-Banking dengan tingkat pendapatan nasabah. Dari hasil penelitian juga diperoleh hasil bahwa sekitar 45,16 dan 51,61 responden mengatakan bahwa fasilitas E-Banking bermanfaat dan sangan bermanfaat. Dengan demikian, pelayanan oleh bank terutama dalam mempermudah transaksi keuangan nasabahnya perlu ditingkatkan lagi untuk mengembangkan distribusi dan dan modal yang diperlukan perekonomian.
Collections
- Undergraduate Theses [2637]