Analisis Strategi Peningkatan Mutu Rangka Baja dalam Rangka Meningkatkan Permintaan Pemasangan Rangka Baja pada PT Raja Sejahtera Abadi
View/ Open
Date
2014Author
Sidi, Purnomo
Advisor(s)
Sinulingga, Sukaria
Rismayani
Metadata
Show full item recordAbstract
Produk yang berkualitas sudah barang tentu akan dicari oleh konsumen. Semakin berkualitas suatu produk membuat penjualan akan semakin tinggi, permintaan produk akan semakin besar, serta produk kita akan lebih mudah dikenal oleh konsumen. Produk berkualitas akan menjadi brand di benak konsumen, sehingga nantinya konsumen tidak perlu sulit lagi untuk mencar iproduk yang sesuai dengan keinginannya.
Permintaan pemasangan produk rangka baja selama tiga tahun terakhir dari tahun 2011-2013 mengalami penurunan jika disbandingkan permintaan pada tahun 2010. Penurunan yang pesat dialami pada tahun 2011, dimana order pemasangan rangka baja turun sebesar 96% bila dibandingkan 2010 turun dari 91.000 batang menjadi 5.000 batang. Pada tahun 2012 order pemasangan rangka baja sedikit mengalami kenaikan sebesar 50% menjadi 8.000 batang. Sedangkan pada tahun 2013 order pemasangan rangka baja turun 60% menjadi 3.000 batang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi peningkatan mutu dalam upaya meningkatkan order jasa pemasangan rangka baja pada PT Raja Sejahtera Abadi. Dimana sasaran pokok dari penelitian ini adalah menemukan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peningkatan mutu rangka baja, dimana mutu produk berpengaruh pada daya tarik pasar. Faktor-faktor yang berpengaruh tersebut adalah dimensi mutu menurut Kelada diantaranya adalah kesesuaian (suitability), daya tahan (durability), kehandalan (reliability), keseragaman (uniformity), dan kemudahan perawatan (maintainability)
Dari hasil penelitian terdapat tiga faktor yang mempengaruhi peningkatan mutu rangka baja, sehingga berpengaruh pada daya tarik pasar yaitu daya tahan (durability), keseragaman (uniformity), dan kemudahan perawatan (maintainability). Pihak PT Raja Sejahtera Abadi harus memperbaik iketiga variable tersebut dengan menerapkan strategi yang tepat agar produk rangka baja memiliki kualitas yang sesuai dengan harapan pelanggan.