Analisis Strategi Pengembangan Kepariwisataan dalam Upaya Peningkatan Arus Kunjungan Wisata ke Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara
View/ Open
Date
2015Author
Ndraha, Sa’arani
Advisor(s)
Nazaruddin
Sutarman
Metadata
Show full item recordAbstract
Pariwisata merupakan salah satu kegiatan bisnis yang bergerak di bidang
jasa dan menjadi andalan Indonesia dalam rangka meningkatkan devisa negara di
sektor non migas. Di kota Sibolga selain sektor perikanan dan perdagangan,
pariwisata telah menjadi sektor unggulan dan berpotensi untuk mampu
memberikan kontribusinya bagi pendapatan asli daerah (PAD). Penelitian ini
bertujuan untuk melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal Pemko
Sibolga dalam upaya pengembangan sektor pariwisata daerah, kemudian
menyusun strategi kebijakan yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan
arus kunjungan wisata.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode desktiptif kualitatif,
yang menggambarkan tentang keadaan di lapangan dan mengajukan sebuah
strategi pengembangan sebagai bahan rekomendasi bagi Pemko Sibolga. Teknik
populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental
sampling yakni mengambil responden sebagai sampel berdasarkan kebetulan
bertemu dengan peneliti namun harus cocok sebagai sumber data. Penentuan
informan diperoleh dengan teknik purposive sampling yakni teknik dengan
pertimbangan orang yang berkompoten di bidangnya sehingga data lebih
representatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni pengamatan secara
langsung, wawancara, dan dokumentasi.
Pengkajian faktor-faktor strategis internal dan eksternal dilakukan dengan
menggunakan metode perbandingan berpasangan (Paired Comparison Method)
terkait dengan pembobotan. Kemudian dilakukan dengan pemberian rating dari
masing-masing faktor strategis, merumuskan alternatif strategi menggunakan
analisis matriks IE (Internal-External) dan matriks SWOT, serta menetapkan
prioritas strategi dengan menggunakan analisis Quantitative Strategic Planning
Matrix (QSPM).
Prioritas strategi kebijakan pengembangan wisata bahari yang diperoleh
dari hasil analisis Matriks SWOT dan Matriks QSPM menunjukkan bahwa
strategi mengembangkan potensi wisata bahari dan peningkatan kualitas produk
wisata yang dikemas secara kreatif dan variatif dengan Total Attractiveness Scores
(TAS) tertinggi sebesar 6.96 sedangkan strategi meningkatkan penggunaan akses
internet sebagai media promosi pariwisata Sibolga dengan TAS sebesar 6.54, dan
strategi menjalin kerjasama dengan para investor guna membantu mengatasi
kondisi keuangan dengan TAS sebesar 6.24.