• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • School of Postgraduate
    • Master Theses (Master of Management)
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • School of Postgraduate
    • Master Theses (Master of Management)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Strategi Pengembangan Kepariwisataan dalam Upaya Peningkatan Arus Kunjungan Wisata ke Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara

    View/Open
    Fulltext (4.817Mb)
    Date
    2015
    Author
    Ndraha, Sa’arani
    Advisor(s)
    Nazaruddin
    Sutarman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pariwisata merupakan salah satu kegiatan bisnis yang bergerak di bidang jasa dan menjadi andalan Indonesia dalam rangka meningkatkan devisa negara di sektor non migas. Di kota Sibolga selain sektor perikanan dan perdagangan, pariwisata telah menjadi sektor unggulan dan berpotensi untuk mampu memberikan kontribusinya bagi pendapatan asli daerah (PAD). Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal Pemko Sibolga dalam upaya pengembangan sektor pariwisata daerah, kemudian menyusun strategi kebijakan yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan arus kunjungan wisata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode desktiptif kualitatif, yang menggambarkan tentang keadaan di lapangan dan mengajukan sebuah strategi pengembangan sebagai bahan rekomendasi bagi Pemko Sibolga. Teknik populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling yakni mengambil responden sebagai sampel berdasarkan kebetulan bertemu dengan peneliti namun harus cocok sebagai sumber data. Penentuan informan diperoleh dengan teknik purposive sampling yakni teknik dengan pertimbangan orang yang berkompoten di bidangnya sehingga data lebih representatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni pengamatan secara langsung, wawancara, dan dokumentasi. Pengkajian faktor-faktor strategis internal dan eksternal dilakukan dengan menggunakan metode perbandingan berpasangan (Paired Comparison Method) terkait dengan pembobotan. Kemudian dilakukan dengan pemberian rating dari masing-masing faktor strategis, merumuskan alternatif strategi menggunakan analisis matriks IE (Internal-External) dan matriks SWOT, serta menetapkan prioritas strategi dengan menggunakan analisis Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Prioritas strategi kebijakan pengembangan wisata bahari yang diperoleh dari hasil analisis Matriks SWOT dan Matriks QSPM menunjukkan bahwa strategi mengembangkan potensi wisata bahari dan peningkatan kualitas produk wisata yang dikemas secara kreatif dan variatif dengan Total Attractiveness Scores (TAS) tertinggi sebesar 6.96 sedangkan strategi meningkatkan penggunaan akses internet sebagai media promosi pariwisata Sibolga dengan TAS sebesar 6.54, dan strategi menjalin kerjasama dengan para investor guna membantu mengatasi kondisi keuangan dengan TAS sebesar 6.24.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/22940
    Collections
    • Master Theses (Master of Management) [582]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV