Show simple item record

dc.contributor.advisorNazaruddin
dc.contributor.advisorSutarman
dc.contributor.authorNdraha, Sa’arani
dc.date.accessioned2020-01-22T01:39:14Z
dc.date.available2020-01-22T01:39:14Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/22940
dc.description.abstractPariwisata merupakan salah satu kegiatan bisnis yang bergerak di bidang jasa dan menjadi andalan Indonesia dalam rangka meningkatkan devisa negara di sektor non migas. Di kota Sibolga selain sektor perikanan dan perdagangan, pariwisata telah menjadi sektor unggulan dan berpotensi untuk mampu memberikan kontribusinya bagi pendapatan asli daerah (PAD). Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal Pemko Sibolga dalam upaya pengembangan sektor pariwisata daerah, kemudian menyusun strategi kebijakan yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan arus kunjungan wisata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode desktiptif kualitatif, yang menggambarkan tentang keadaan di lapangan dan mengajukan sebuah strategi pengembangan sebagai bahan rekomendasi bagi Pemko Sibolga. Teknik populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling yakni mengambil responden sebagai sampel berdasarkan kebetulan bertemu dengan peneliti namun harus cocok sebagai sumber data. Penentuan informan diperoleh dengan teknik purposive sampling yakni teknik dengan pertimbangan orang yang berkompoten di bidangnya sehingga data lebih representatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni pengamatan secara langsung, wawancara, dan dokumentasi. Pengkajian faktor-faktor strategis internal dan eksternal dilakukan dengan menggunakan metode perbandingan berpasangan (Paired Comparison Method) terkait dengan pembobotan. Kemudian dilakukan dengan pemberian rating dari masing-masing faktor strategis, merumuskan alternatif strategi menggunakan analisis matriks IE (Internal-External) dan matriks SWOT, serta menetapkan prioritas strategi dengan menggunakan analisis Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Prioritas strategi kebijakan pengembangan wisata bahari yang diperoleh dari hasil analisis Matriks SWOT dan Matriks QSPM menunjukkan bahwa strategi mengembangkan potensi wisata bahari dan peningkatan kualitas produk wisata yang dikemas secara kreatif dan variatif dengan Total Attractiveness Scores (TAS) tertinggi sebesar 6.96 sedangkan strategi meningkatkan penggunaan akses internet sebagai media promosi pariwisata Sibolga dengan TAS sebesar 6.54, dan strategi menjalin kerjasama dengan para investor guna membantu mengatasi kondisi keuangan dengan TAS sebesar 6.24.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectStrategien_US
dc.subjectAnalisis Lingkunganen_US
dc.subjectPariwisataen_US
dc.titleAnalisis Strategi Pengembangan Kepariwisataan dalam Upaya Peningkatan Arus Kunjungan Wisata ke Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utaraen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM117007081
dc.description.pages120 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record