Analisis Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kemampuan Kolaborasi dan Kinerja Tenaga Penjualan (Studi Empiris pada PT Aplikanusa Lintasarta)
View/ Open
Date
2015Author
Syah, Feby Ferdinan
Advisor(s)
Sitompul, Opim Salim
Sutarman
Metadata
Show full item recordAbstract
PT Aplikanusa Lintasarta sales who achieved the target in the last three
years was only about 40 %. In order to increase the sales achievement target, the
company applies a big cost system which is Customer Relationship Management
(CRM). The research has been done at PT Aplikanusa Lintasarta from October to
December 2015, with the aim to find out whether CRM system currently
implemented a positive impact and significant for increasing the capacity
collaboration and performance sales shown from the sales perspective. With this
research is expected to be a reference for company to determine the next
strategies, especially related to the implementation of CRM system. Survey taken
from PT Aplikanusa Lintasarta sales which are scattered all central to branches.
The result which is used is from 80 respondents. Data are analyzed by using
partial least square regression to examine some hypotheses. Partial least square
was chosen because it works on a number of small samples. The result taken from
the test is the utilization of CRM has some positive effect and significant on the
performance of the sale, the effectiveness of sales and the collaboration. As a
partial mediator, collaboration has some positive effects and significant on the
effectiveness of sales which consist of the performance of relationship with
customers and the effectiveness of sales. Company is able to maintain using CRM
system in order for the sales work more effective and efficient, which impact to the
achievement of the sales. To increase the ability of sales collaboration, company
has to maintain the utilization of CRM system, because this affects to sales
performance and also the company. Tenaga penjualan di PT Aplikanusa Lintasarta yang berhasil mencapai
target dalam tiga tahun terakhir hanya sekitar 40%. Dalam usahanya
meningkatkan pencapaian target para tenaga penjualan, maka perusahaan
menerapkan sebuah sistim Customer Relationship Management (CRM) dengan
biaya yang sangat besar. Penelitian ini dilakukan di PT Aplikanusa Lintasarta dari
bulan Oktober sampai Desember tahun 2015, dengan tujuan untuk mengetahui
apakah sistim CRM yang diterapkan saat ini berdampak positif dan signifikan
terhadap peningkatan kemampuan kolaborasi dan kinerja tenaga penjualan dilihat
dari perspektif para tenaga penjualan. Dengan penelitian ini diharapkan dapat
menjadi referensi bagi perusahaan untuk menentukan strategi kedepan, terutama
yang berkaitan dengan penerapan sistim CRM tersebut. Survey dilakukan kepada
96 tenaga penjualan yang ada di PT Aplikanusa Lintasarta dan yang tersebar di
seluruh kantor pusat maupun cabang. Hasil survey yang dapat digunakan didapat
dari 80 responden. Data dianalisis dengan menggunakan regresi partial least
square untuk menguji beberapa hipotesis. Partial least square dipilih karena
dapat bekerja pada jumlah sampel yang kecil. Hasil pengujian didapat bahwa
pemanfaatan CRM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjualan,
efektivitas penjualan, dan kolaborasi. Sebagai mediator parsial, kolaborasi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjualan yang terdiri dari
kinerja hubungan dengan pelanggan dan efektivitas proses penjualan. Perusahaan
dapat terus melanjutkan penggunaan sistim CRM agar para tenaga penjualan
dapat bekerja lebih efektif dan efisien, yang pada akhirnya berdampak pada
peningkatan pencapaian target para tenaga penjualan. Untuk meningkatkan
kemampuan kolaborasi para tenaga penjualan, perusahaan harus menekankan agar
pemanfaatan CRM terus dilakukan, hal ini akan berdampak pada peningkatan
kinerja baik bagi para tenaga penjualan maupun bagi perusahaan.