Tingkat Kolaborasi dan Alasan Pengarang Berkolaborasi pada Jurnal Terakreditasi Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi Tahun 2003-2018
View/ Open
Date
2019Author
Alamsyah, Yiulia Maharani Putri
Advisor(s)
Hasugian, Jonner
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kolaborasi pengarang,
alasan pengarang berkolaborasi, serta pengaruh pengarang melakukan kolaborasi
setelah Jurnal Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi terakreditasi tahun 2017.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan
bibliometrik. Populasi penelitian ini ialah pengarang yang melakukan kolaborasi
sebanyak 136 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu
menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu
menggunakan teknik dokumentasi dengan mendownload artikel pada website
jurnal, juga menyebarkan kuesioner tercetak dan online pada pengarang
berkolaborasi. Hasil penelitian ini ialah nilai tingkat kolaborasi secara keseluruhan
yaitu sebanyak 0,44. Tingkat kolaborasi tertinggi berada pada tahun 2006 dengan
nilai 1 dan terendah berada pada tahun 2011 dan 2014 dengan nilai 0. Sebanyak
72% responden menyukai penelitian berkolaborasi karena dirasa memberikan
banyak keuntungan. Dari 56 responden, 39 diantaranya setuju jika terdapat
pengaruh jurnal terakreditasi, karena menambah kualitas penulisan serta standar
publikasi dan review yang ketat. Dari hasil tersebut diharapkan memberikan
informasi baru mengenai alasan pengarang berkolaborasi dan adanya pengaruh
jurnal terakreditasi terhadap penulisan khusunya dalam penelitian berkolaborasi.
Collections
- Undergraduate Theses [727]