• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Engineering
    • Department of Industrial Engineering
    • Master Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Engineering
    • Department of Industrial Engineering
    • Master Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Rancangan Perbaikan untuk Peningkatan Kinerja Perusahaan yang Menerapkan Kriteria Balanced Scorecard Studi Kasus pada PT Surveyor Indonesia Medan

    View/Open
    Fulltext (8.348Mb)
    Date
    2017
    Author
    Z, Zuanda
    Advisor(s)
    Nasution, Harmein
    Napitupulu, Humaka L
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan dunia usaha saat ini dipengaruhi oleh semakin meningkatnya daya saing. Untuk dapat bersaing perusahaan dituntut mensinergikan sumberdaya dan potensi yang dimiliki, sehingga tercapai optimasi perusahaan secara menyeluruh. Diperlukan alat yang dapat mengukur sejauh mana pencapaian tujuan secara menyeluruh. Hasil pengukuran harus dapat menilai kinerja dari berbagai fase, tidak hanya dari sisi finansial, selain juga harus selaras dengan visi, pernyataan misi, tujuan, dan strategi perusahaan dalam jangka pendek, menengah dan panjang. Penelitian ini merancang model pengukuran kinerja di PT. Surveyor Indonesia cabang Medan dengan menggunakan metode Balance Scorecard. Metode yang mempertimbangkan empat perspektif, yaitu: perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Tahapan dalam perancangan pengukuran kinerja adalah identifikasi faktor lingkungan dengan , perumusan strategi, formulasi strategi, penentuan Key Perfomance Indicator, dan penentuan bobot serta target. Data penelitian diperoleh dari wawancara dan kuesioner perbandingan. Pengolahan data untuk penentuan bobot menggunakan software expert choice. Perancangan model pengukuran kinerja PT. Surveyor Indonesia cabang Medan berhasil mengidentifikasi 36 Key Performance Indicators (KPI’s), yaitu 9 KPI perspektif finansial, 9 KPI perspektif pelanggan, 9 KPI perspektif internal proses, dan 9 KPI perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Target diklasifikasikan ke dalam 9 (sembilan) kategori, berdasarkan pencapaian tahun sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bobot tiap perspektif terhadap pengukuran kinerja total adalah 33,8% perspektif finansial, 28,8% perspektif pelanggan, 20,5% perspektif internal proses, dan 16,9% perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Bobot KPI tertinggi adalah pendapatan sebesar 8,9%, dan bobot terendah KPI teknologi fokus pada pelanggan sebesar 0,3%, yang diukur dari total keseluruhan perspektif.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/23182
    Collections
    • Master Theses [185]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV