Kegiatan Pelayanan Sirkulasi pada Perpustakaan Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia Medan
View/ Open
Date
2019Author
Hutapea, Resmon Yusuf
Advisor(s)
Samosir, Zurni Zahara
Metadata
Show full item recordAbstract
Perpustakaan pergutan tinggi merupakan unsur vital dalam sebuah perguruan tinggi. Perpustakaan yang sering disebut sebagai jantung perguruan tinggi haruslah dapat menjadi pendukung bagi perguruan tinggi untuk meningkatkan mutu lulusan dari civitas akademikanya.
Menururt Sulstyo-Basuki ( 1991:51) “Perpustakaan perguruan tinggi adalah perpustakaan yang terdapat pada perguruan tinggi, badan bawahnnya, maupun Lembaga yang berfaliasi dengan perguruan tinggi dalam mencapai tujuannya.”
Tujuan dari perpustakaan perguruan tinggi adalah memberikan layanan informasi untuk kegitan belajar, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam rangka melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi.
Kegiataan pelayanan ialah kegiatan yang sangat menentukan dalam positif negatifnya citra perpustakaan karna secara langsung berhubungan dengan pemakai. Perpustakaan memberi berbagai jenis layanan kepada pengguna untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dan memberikan akses secara global fasilitas yang tersedia agar dapat dimanfaakan pengguna secara efektif dan efesiensi. Pelayanan perpustakaan yang diberikan haruslah dapat meminilisir ketidaknyamanan pengguna dalam pemanfaatan perpustakaan.
Menurut Sjahrial-Pamunjak: “pelayanan sirkulasi pada perpustakaan perguruan tinggi merupakan alur kegiatan yang disediakan perpustakaan berupa keanggotan, peminjamn, pengembalian, perpanjangan, penagihan, sanksi, dan bebas pinjam.” Kegiatan ini diselenggarakan untuk membantu para pengguna dalam proses kegiatan peminjaman dan pengembalian, semakin banyak pengguna membutuhkan buku maka semakin banyak juga pengguna mendapatkan informasi sesuai dengan kebutuhannya.
Collections
- Diploma Papers [230]