Ekranisasi Novel Ke Film Naxie Nian, Women Yiqi Zhui De Nuhai Karya Giddens Ko
View/ Open
Date
2019Author
Siregar, Novita Sari
Advisor(s)
Erwani, Intan
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini berjudul “Ekranisasi novel ke film nàxiē nián, wǒmen yīqǐ zhuī de nǚhái karya Giddens Ko: Kajian Sastra Bandingan. Penelitian ini mengkaji tentang proses alih wahana yang menimbulkan berbagai perubahan dengan menggunakan pendekatan ekranisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ekranisasi alur dan tokoh dalam bentuk aspek penciutan dan penambahan dalam ekranisasi novel ke film nàxiē nián, wǒmen yīqǐ zhuī de nǚhái karya Giddens Ko. Sumber data penelitian ini adalah novel nàxiē nián, wǒmen yīqǐ zhuī de nǚhái karya penulis Giddens Ko dan film nàxiē nián, wǒmen yīqǐ zhuī de nǚhái karya sutradara Giddens Ko. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ekranisasi oleh Pamusuk Eneste. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa proses alih wahana dari novel ke film nàxiē nián, wǒmen yīqǐ zhuī de nǚhái karya Giddens Ko menimbulkan berbagai perubahan pada aspek penciutan dan penambahan yang menyangkut kepada unsur alur dan tokoh. Peristiwa ketika tokoh Ko Ching-Teng telah duduk di pojok kanan belakang, percakapan antara tokoh Ko Ching-Teng dengan tokoh Shen Chia-yi ketika di stasiun kereta api, telah mengalami penciutan alur dalam film. Selanjutnya pada peristiwa ketika tokoh Ko Ching-Teng memperkenalkan diri maupun ketika tokoh Ko Ching-Teng menceritakan peristiwa saat mereka telah lulus SMA dan mulai masuk ke kuliah, telah mengalami penciutan tokoh dalam film. Sedangkan pada peristiwa ketika tokoh Ko Ching-Teng melihat tokoh Shen Chia-yi mengikat rambutnya, ia menjadi semakin giat belajar, peristiwa ketika tokoh Ko Ching-Teng bertanya kepada tokoh Shen Chia-yi, telah mengalami penambahan alur dalam film. Selanjutnya pada peristiwa ketika guru Bandao memindahkan tempat duduk tokoh Ko Ching-Teng ke depan tokoh Shen Chia-yi, maupun peristiwa ketika tokoh A-Ho putus dengan tokoh Shen Chia-yi,telah mengalami penambahan tokoh dalam film. Secara keseluruhan, penciutan yang dilakukan dalam visualisasi ke dalam fil masih wajar dilakukan karena pemotogan cerita diambil pada bagian yang tidak tidak begitu penting untuk divisualisasikan. Penciutan alur dan tokoh yang terjadi karena media yang digunakan dalam pembuatan novel dan film berbeda. Penambahan alur dan tokoh dalam film secara keseluruhan masih relevan dengan cerita yang terdapat pada novel, hanya saja pada visualisasi dalam film ditampilkan lebih menarik sehingga cerita dalam film tidak monoton seperti yang terdapat dalam novel. This research entitled "Ecranizing novels into films nàxiē nián, wǒmen yīqǐ zhuī de nǚhái by Giddens Ko." This research examines the process transfer of mode that causes various changes, especially conserning the plot and character in the shrinking and addition aspects using the Ecranizatin approach. This research aims to describe the plot and character of ecranization in the form shrinking and addition aspects in the ecranizing of the novels into films nàxiē nián, wǒmen yīqǐ zhuī de nǚhái by Giddens Ko. The research method used is descriptive qualitative. The source of this research data is the films nàxiē nián, wǒmen yīqǐ zhuī de nǚhái by Giddens Ko. Based on the result of the research, it can be concluded that the process of transferring from the novels to films raises various changes in the aspects of shrinking and additions that are related to the plot and character element. The event when Ko Ching-Teng has been seated at the back-right corner, a conversation between Ko Ching-Teng and Shen Chia-Yi while at the railway station has undergone a plot in the film. Next on the event when the character Ko Ching-Teng introduced him self or when the character Ko Ching-Teng told the event when they had graduated high school and began to attend college, has undergone a character in the film. While on the occasion when the character Ko Ching-Teng saw Shen Chia-Yi tied his hair, he became increasingly active in learning, the events when Ko Ching-Teng asked the character Shen Chia-Yi, had undergone a groove in the film. Later on, when Bandao's teacher moved the people's seat to the front of Shen Chia-Yi, as well as the events when A-Ho's character broke up with a figure of Shen Chia-Yi. Has experienced the addition of characters in the film. Overall, the dissolving that is done in visualization into the film is still natural because the story is taken on a part that is not very important to visualized. Plot and figure dissolving occur because of the media used in the making of different novels and films. The addition of the plot and figures in the overall film are still relevant to the novel's story, only in the visualization in the film is more interesting, so the story in the film is not monotonous as in the novel.
Collections
- Undergraduate Theses [300]