Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Produk Semen Andalas Multifungsi Terhadap Peningkatan Daya Tarik Pelanggan Retail (Studi Kasus pada PT Lafarge Cement Indonesia)
View/ Open
Date
2015Author
Siregar, Ahmad Balko ITM
Advisor(s)
Sinulingga, Sukaria
Pujangkoro, Sugih Arto
Metadata
Show full item recordAbstract
Banyaknya merek semen yang ada di pasar memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk memilih merek yang sesuai dengan keinginannya. Dengan banyaknya merek semen yang ada di pasar akan mendorong perusahaan bersaing mendapatkan calon konsumen melalui berbagai strategi yang tepat, misalnya dengan menjaga keterjangkauan, ketersediaan produk, mutu produk dan layanan..
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukenali faktor-faktor yang paling berpengaruh terhadap peningkatan daya tarik retail dan merencanakan strategi dan kebijakan yang harus dilakukan oleh PT Lafarge Cement Indonesia untuk meningkatkan daya tarik pelanggan retail. Populasi penelitian ini adalah semua retail atau panglong yang menjual Semen Andalas Multifungsi di Kota Medan. Dimana sampel yang diambil pada penelitian ini adalah sebanyak 69 retail. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan kuesioner. Data diuji dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, dan data harus memenuhi unsur uji asumsi klasik. Selanjutnya dilakukan uji analisa data dengan menggunakan analisis regresi berganda, ujit t, uji F, dan koefisien determinasi.
Penelitian ini berkesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan keterjangkauan, ketersediaan produk, mutu produk dan layanan, baik parsial maupun simultan terhadap daya tarik pelanggan retail PT Lafarge Cement Indonesia, dengan tingkat kemampuan keterjangkauan, ketersediaan produk, mutu produk dan layanan menjelaskan daya tarik pelanggan PT Lafarge Cement Indonesia adalah sebesar 70,7% sedangkan sisanya sebesar 29,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian ini.