Persepsi Generasi X Pengguna Transportasi Online Grabcar di Kota Medan
View/ Open
Date
2020Author
Syarif, Reviza Putra
Advisor(s)
Nurbani
Harahap, Hendra
Metadata
Show full item recordAbstract
This study aims to determine the perception of Generation X on the existence of Grabcar online transportation in the city of Medan in terms of service and use of its application to Generation X. The data collection technique used is the literature study technique and field study. Data collection uses in-depth interview techniques conducted by researchers of five informants who are considered to fit the category determined by the researcher. The data analysis technique used is to analyze the results of interviews conducted by researchers by describing each statement of the questions raised by researchers against the informants. The results of this study indicate that GrabCar generation X users require convenient, safe and economical online transportation services and applications that are complete and easy to understand. Grab services in handling customer complaints are good, booking is very easy and the costs incurred in accordance with the journey taken with the promo facilities provided make generation X as users prefer to use GrabCar online transportation services. For Grab as an online transportation service provider, it is expected to further improve the quality of service, namely the availability of the fleet during rush hour or when it is raining heavily to make it easier to get service. For the application, it is expected that there is a service to adjust the new location point if it is not listed on the digital map provided so that the user makes ordering easier. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi generasi X terhadap keberadaan transportasi online Grabcar di kota Medan dilihat dari pelayanan dan penggunaan aplikasinya terhadap generasi X. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan teknik studi kepustakaan (library research) dan studi lapangan (field research). Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam yang dilakukan peneliti terhadap lima orang informan yang dianggap cocok dengan kategori yang ditentukan oleh peneliti. Teknik analisa data yang dilakukan adalah dengan menganalisa hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan mendeskripsikan setiap pernyataan dari pertanyaan yang diajukan peneliti terhadap para informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa generasi X pengguna GrabCar membutuhkan jasa transportasi online yang nyaman, aman dan ekonomis serta aplikasi yang lengkap dan mudah dipahami penggunaannya. Pelayanan pihak Grab dalam menangani keluhan pelanggan sudah bagus, pemesanan yang sangat mudah serta biaya yang dikeluarkan sesuai dengan perjalanan yang ditempuh dengan fasilitas promo yang diberikan membuat generasi X sebagai pengguna lebih memilih untuk menggunakan layanan transportasi online GrabCar. Untuk Grab sebagai penyedia layanan transportasi online ini diharapkan dapat semakin memperbaiki kualitas layanan, yaitu ketersediaan armada ketika di jam sibuk atau ketika di waktu cuaca hujan deras agar lebih mudah untuk mendapatkan layanan. Untuk aplikasinya diharapkan adanya layanan untuk menyesuaikan titik lokasi baru jika tidak tertera di peta digital yang disediakan agar pengguna semakin mudah melakukan pemesanan.
Collections
- Master Theses [358]