Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Go-Food pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU
View/ Open
Date
2019Author
Afandi, Danil Arif
Advisor(s)
Pratomo, Wahyu Ario
Metadata
Show full item recordAbstract
Go-Jek Indonesia was born through the idea of the CEO and Founder of
Nadiem Makarim. Go-Food is one of the services provided by Go-Jek. The purpose
of this research is to find out and analyze the influence of brands, prices, service
quality, and promotion of the decision to use Go-food services at USU Faculty of
Economics and Business Students. The type of research used in this study is
descriptive research with quantitative research methods. The analysis technique used
in this study is multiple linear regression. The results of this study indicate that the
Chi-square value is 12.280 with a significance level of 0.01 <0.05 so that it can be
concluded that in this study brand variables, prices, service quality, and promotions
simultaneously have a significant effect on consumer decisions. Brand variables have
a regression coefficient of -0.831 with a significance level of 0.25> 0.05 which can
be concluded that in this study the brand does not have a significant effect on
consumer decisions or only gives an effect of 0.4%. Then the price variable has a
regression coefficient of 1.107 with a significance level of 0.28> 0.05 which can be
concluded that prices do not significantly influence consumer decisions or only have
an impact of 3.0%. Furthermore the service quality variable has a regression
coefficient of 3.007 with a significance level of 0.01 <0.05 so that it can be
concluded that in this study service quality has a significant effect on consumer
decisions and has an impact of 20.2%. While for the promotion variable has a
regression coefficient of -0.008 with a significance level of 0.9> 0.05 so that it can
be concluded that in this study the promotion does not affect consumer decisions or
only gives an effect of 0.9%. Go-Jek Indonesia lahir melalui ide sang CEO sekaligus Founder yaitu
Nadiem Makarim. Go-Food merupaka salah satu jasa yang di sediakan oleh Go-Jek.
Tujan penelitan ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh merek,
harga, kualitas layanan, dan promosi terhadap keputusan menggunakan jasa Go-food
pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU. Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode penelitian kuantitatif.
Adapun Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear
berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai nilai Chi-square sebesar
12,280 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,01 < 0,05 sehingga dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini variabel merek, harga, kualitas
pelayanan, dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan
konsumen. Variabel merek memiliki nilai koefisien regresi sebesar -0,831 dengan
tingkat signifikansi sebesar 0,25 > 0,05 yang dapat disimpulkan bahwa dalam
penelitian ini merek tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen atau
hanya memberikan dampak sebesar 0,4%. Kemudian variabel harga memiliki nilai
koefisien regresi sebesar 1,107 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,28 > 0,05 yang
dapat disimpulkan bahwa harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan
konsumen atau hanya memberikan dampak sebesar 3,0%. Selanjutnya variabel
kualitas pelayanan memiliki nilai koefisien regresi sebesar 3,007 dengan tingkat
signifikansi sebesar 0,01 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian
ini kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dan
memberikan dampak sebesar 20,2%. Sedangkan untuk variabel promosi memiliki
nilai koefisien regresi sebesar -0,008 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,9 > 0,05
sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini promosi tidak berpengaruh
terhadap keputusan konsumen atau hanya memberikan dampak sebesar 0,9%.
Collections
- Undergraduate Theses [2637]