Perbedaan Kepuasan Pengguna Situs Jual Beli Online Tokopedia.Com & Bukalapak.Com (Analisis dalam Perspektif Uses & Gratifications)
View/ Open
Date
2020Author
Sis, Rany Listyawati
Advisor(s)
Humaizi
Sitepu, Yovita Sabarina
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan situs jual beli online
Tokopedia.com dan Bukalapak.com oleh penggunanya, menganalisis kepuasan
dan perbedaan tingkat kepuasan pengguna berdasarkan lima dimensi kepuasan
yaitu : informasi, kenyamanan, interaksi sosial, hiburan dan ekonomi. Populasi
pada penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas
Sumatera Utara yang pernah melakukan pembelian di kedua situs Tokopedia.com
dan Bukalapak.com. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah keseluruhan total
jumlah populasi yang berjumlah 66 responden. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode survei deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini
menemukan mayoritas pelaku belanja online adalah perempuan, yang di dominasi
usia 18 – 21 tahun dengan durasi mengakses internet lebih dari dua jam dalam
sehari. Sedangkan hasil dari perbandingan skor rata-rata Gratification Sough (GS)
dan Gratification Obtained (GO) pada masing-masing situs Tokopedia.com dan
Bukalapak.com ditemukan adanya kepuasan pengguna pada motif informasi,
hiburan dan interaksi sosial. Sedangkan pada motif kenyamanan dan motif
ekonomi, kepuasan pengguna tidak tercapai. Pada akhirnya penelitian ini
menemukan tidak adanya perbedaan kepuasan pengguna antara situs jual beli
online Tokopedia.com dan Bukalapak.com. The objective of the research was to analyze the usage of online shop website
users on Tokopedia.com and Bukalapak.com by their users, the satisfaction and
differences in users ' satisfaction based on five dimensions of satisfaction, namely:
information, convenience, social interaction, entertainment, and economy. The
population was students at Faculty of Economics and Business in University of
Sumatera Utara who have ever purchased in both websites. The whole population
was taken as the samples i.e. 66 respondents. The research employed descriptive
survey method with quantitative approach. The results demonstrated that the
majority of the users were female, dominantly 18-21 years old with duration of
internet usage amounted more than two hours a day. The results of comparing the
mean scores of Gratification Sough and Gratification Obtained in each websites,
Tokopedia.com and Bukalapak.com, indicated users ' satisfaction in motives of
information, entertainment and social interaction. The users' satisfaction in
motives of convenience and economy was not achieved. In conclusion, this
reseach discovered no difference in satisfaction between online shop website
users on Tokopedia.com and Bukalapak.com.
Collections
- Master Theses [358]