Show simple item record

dc.contributor.advisorHumaizi
dc.contributor.advisorSitepu, Yovita Sabarina
dc.contributor.authorSis, Rany Listyawati
dc.date.accessioned2020-03-03T03:10:01Z
dc.date.available2020-03-03T03:10:01Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/24727
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan situs jual beli online Tokopedia.com dan Bukalapak.com oleh penggunanya, menganalisis kepuasan dan perbedaan tingkat kepuasan pengguna berdasarkan lima dimensi kepuasan yaitu : informasi, kenyamanan, interaksi sosial, hiburan dan ekonomi. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Sumatera Utara yang pernah melakukan pembelian di kedua situs Tokopedia.com dan Bukalapak.com. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah keseluruhan total jumlah populasi yang berjumlah 66 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menemukan mayoritas pelaku belanja online adalah perempuan, yang di dominasi usia 18 – 21 tahun dengan durasi mengakses internet lebih dari dua jam dalam sehari. Sedangkan hasil dari perbandingan skor rata-rata Gratification Sough (GS) dan Gratification Obtained (GO) pada masing-masing situs Tokopedia.com dan Bukalapak.com ditemukan adanya kepuasan pengguna pada motif informasi, hiburan dan interaksi sosial. Sedangkan pada motif kenyamanan dan motif ekonomi, kepuasan pengguna tidak tercapai. Pada akhirnya penelitian ini menemukan tidak adanya perbedaan kepuasan pengguna antara situs jual beli online Tokopedia.com dan Bukalapak.com.en_US
dc.description.abstractThe objective of the research was to analyze the usage of online shop website users on Tokopedia.com and Bukalapak.com by their users, the satisfaction and differences in users ' satisfaction based on five dimensions of satisfaction, namely: information, convenience, social interaction, entertainment, and economy. The population was students at Faculty of Economics and Business in University of Sumatera Utara who have ever purchased in both websites. The whole population was taken as the samples i.e. 66 respondents. The research employed descriptive survey method with quantitative approach. The results demonstrated that the majority of the users were female, dominantly 18-21 years old with duration of internet usage amounted more than two hours a day. The results of comparing the mean scores of Gratification Sough and Gratification Obtained in each websites, Tokopedia.com and Bukalapak.com, indicated users ' satisfaction in motives of information, entertainment and social interaction. The users' satisfaction in motives of convenience and economy was not achieved. In conclusion, this reseach discovered no difference in satisfaction between online shop website users on Tokopedia.com and Bukalapak.com.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectUses & Gratificationsen_US
dc.subjectTokopedia.comen_US
dc.subjectBukalapak.comen_US
dc.subjectMahasiswa Ekonomi USUen_US
dc.titlePerbedaan Kepuasan Pengguna Situs Jual Beli Online Tokopedia.Com & Bukalapak.Com (Analisis dalam Perspektif Uses & Gratifications)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM117045029
dc.description.pages172 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record