Optimasi dan Karakterisasi Paving Block dari Pemanfaatan Bitumen Padat dan Resipren serta Aspal dengan Inisiator Dikumil Peroksida (DCP) dan Crosslinker Divinil Benzena (DVB)
View/ Open
Date
2020Author
Marantika, Fitri Ikova
Advisor(s)
Tamrin
Nasution, Darwin Yunus
Metadata
Show full item recordAbstract
Telah dilakukan penelitian mengenai pembuatan paving block dengan menggunakan aspal, bitumen padat, dan resipren yang divariasikan. Dimana aspal yang digunakan sebagai bahan pengganti pengikat serta pemanfaatan bahan alam batubara bitumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai optimum dari material yang dihasilkan. Pembuatan paving block dilakukan dengan mencampurkan aspal, bitumen padat, resipren serta DCP (dikumil peroksida) sebagai inisiator dan DVB (divinil benzen) sebagai crosslinker. Pencampuran dilakukan dengan menggunakan internal mixer dengan penambahan agregat lalu dilakukan proses pencetakan. Hasil karakterisasi sifat fisik dan mekanik menunjukkan nilai optimum pada variasi aspal : bitumen padat : resipren(v/b/b) (70 : 5 : 25). Nilai kuat tekan maksimal sebesar 5,885 MPa dan nilai penyerapan air sebesar 0,90%. Hasil uji morfologi dengan SEM dan TEM pada variasi komposisi optimum dihasilkan pencampuran dengan homogenitas yang paling efektif. Analisa gugus fungsi dengan FTIR menunjukkan adanya ikatan silang yang terjadi antara gugus hidroksil dari aspal dengan crosslinker DVB maupun dengan bitumen padat dan resipren melalui reaksi radikal yang diinisiasi oleh DCP. Hasil karakterisasi termal dengan DSC menunjukkan stabilitas termal pada 481,85 0C. The research has been done about the preparation of paving block with varied of composition Asphalt, Bituminous Coal, and Resiprene. Which asphalt were used as a binder replacement and utilizing of bitumen coal. This research aims to determine the optimum value of material produced. Paving block are prepared by mixing asphalt, bituminous coal, resiprene and DCP (Dicumil Peroxide) as an inisiator and DVB (Divinil Benzene) as a crosslinker. Mixing process was using an internal mixer with the addition of aggregates and then shaping/forming process was carried out. The results of physical and mechanical properties showed that the most optimum variation on the composition of asphalt : bituminous coal : resiprene (v/b/b) (70 : 5 : 25). The maximum compressive strength value is 5,885 MPa and water absorption value is 0,90%. The result of morphological characterization by using SEM and TEM on the optimum variation from the result was the most effective homogenity of the mixture. The analyze of fungsional group by using FTIR showed that the crosslinking occurs through the hydroxyl group of asphalt with the divinyl benzene (DVB) as a crosslinker, and bituminous coal, the resiprene get through radical reactions was initiated by Dicumyl Peroxide (DCP). The thermal characterization by using DSC showed that the thermal stability on 481,85 0C.
Collections
- Master Theses [374]