Optimasi dan Karakterisasi Paving Block dari Bitumen Padat dan Lateks Pekat serta Aspal dengan Crosslinker Divinilbenzena dan Inisiator Dikumil Peroksida
View/ Open
Date
2020Author
Harahap, Riri Indah Nitami
Advisor(s)
Tamrin
Nasution, Darwin Yunus
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini mengenai optimasi dan karakterisasi dari paving block dengan menggunakan aspal sebagai bahan pengganti pengikat serta memanfaatkan bahan alam seperti batubara bitumen dan lateks pekat. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimasi komposisi dari komponen agar menghasilkan material yang efektif dengan memvariasikan komposisi campuran aspal, bitumen padat, dan lateks pekat yang dicampurkan menggunakan internal mixer dengan agregat serta penambahan aditif Dikumil Peroksida (DCP) sebagai inisiator dan Divinilbenzena (DVB) sebagai crosslinker ke dalam campuran. Setelah proses pencampuran dilakukan proses pencetakan. Berdasarkan analisis ultimat dan proksimat, sampel batubara yang digunakan merupakan batubara pada rank High Volatile A Bituminous (HVAB). Hasil karakterisasi sifat fisik dan mekanik menunjukkan bahwa nilai optimum didapatkan pada variasi aspal : bitumen padat : lateks pekat (v/v/v) (70:25:5) dengan nilai persentase penyerapan air sebesar 0,85 % dan kuat tekan 0,605 MPa. Hasil karakterisasi morfologi dengan menggunakan SEM dan TEM pada variasi komposisi optimum ini dihasilkan pencampuran dengan struktur permukaan dan homogenitas yang paling efektif. Analisis gugus fungsi dengan FTIR menunjukkan adanya ikatan silang yang terjadi antara gugus hidroksil dari aspal dengan crosslinker DVB maupun dengan bitumen padat dan lateks pekat melalui reaksi radikal yang diinisiasi oleh DCP. Hasil karakterisasi termal dengan DSC menunjukkan stabilitas termal pada 471,23°C. This research about the optimation and characterization of paving block by using asphalt as a binder replacement and utilise natural resources such as bituminous coal and concentrated natural rubber latex (CNRL). This research aims to optimize the composition of component to produced effective materials with varied the composition of asphalt, bituminous coal and CNRL that were mixed by using an internal mixer with aggregates and then Dicumyl Peroxide (DCP) as an initiator and Divinilbenzene (DVB) as a crosslinker were added into the mixture. After the mixing process, the mixture on shaping/forming procession was carried out. Based on ultimate and proximate analysis, coal sample that used is coal on rank High Volatile A Bituminous (HVAB). The result of physical and mechanical properties showed that the most optimum variation on the composition of asphalt : bituminous coal : CNRL (70:25:5)(v/w/v) with the percentage of water absorbtion is 0,85 % and compressive strenght is 0,605 MPa. The result of morphological characterization by using SEM and TEM on the optimum variation from the result the most effective surface structure and homogenity of the mixture. The analyze of fungsional group by using FTIR showed that the crosslinking occurs through the hydroxyl group of asphalt with the DVB as a crosslinker, bituminous coal, and CNRL through radical reactions was initiated by DCP. Thermal characterization by using DSC showed that the thermal stability on 471,23 °C.
Collections
- Master Theses [374]