Show simple item record

dc.contributor.advisorSutatminingsih, Raras
dc.contributor.advisorYusuf, Elvi Andriani
dc.contributor.authorNasution, Atika Mentari Nataya
dc.date.accessioned2020-03-10T01:53:06Z
dc.date.available2020-03-10T01:53:06Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/24975
dc.description.abstractKeluarga adalah tempat remaja untuk mendapatkan kasih sayang, rasa aman, dan perlindungan. Tekanan-tekanan yang ada dalam rumah tangga, membuat orang tua melakukan kekerasan dan memilih untuk menyerahkan anak kepada panti asuhan. Akan tetapi, masalah lain timbul yakni kesulitan remaja dalam meregulasi emosi. Oleh karena itu, salah satu intervensi yang dapat diberikan yakni acceptance-commitment therapy (ACT). ACT adalah psikoterapi yang mendorong individu untuk terbuka pada perasaan yang tidak menyenangkan, belajar untuk tidak bereaksi berlebihan, dan tidak menghindari situasi dimana mereka merasa terpicu. Penelitian dilakukan dengan desain Quasi Eksperimental terhadap 6 orang remaja putri dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Alat ukur yang digunakan adalah DERS-16. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan akan efektivitas acceptance-commitment therapy dalam meningkatkan kemampuan regulasi emosi remaja korban kekerasan. Meskipun demikian, evaluasi deskriptif dan kualitatif menemukan adanya penurunan skor kesulitan regulasi emosi serta aspek regulasi emosi “strategy” memiliki peningkatan yang paling besar setelah diberikannya ACT.en_US
dc.description.abstractFamily is a place for adolescents to get love, security, and protection. The pressures that exist in the household, make parents violent and choose to send their child to an orphanage. However, another problem arises which is the difficulty in regulating emotions. Therefore, one of the interventions that can be given is acceptance-commitment therapy (ACT). ACT is psychotherapy that encourages individuals to be open to unpleasant feelings, learn not to overreact, and not avoid situations where they feel triggered. The study was conducted with a Quasi Experimental design of 6 girls in the experimental group and the control group. The instrument used is DERS-16. The results showed no significant of the effectiveness of acceptance-commitment therapy in increasing the emotional regulation ability among adolescent victims of violence. Nevertheless, descriptive and qualitative evaluations found that there was a decrease in the emotional regulation difficulty and the emotional regulation aspect of "strategy" had the greatest increase in the ability to emotion regulation after the ACT was given.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectAcceptance-Commitment Therapyen_US
dc.subjectRegulasi Emosien_US
dc.subjectRemajaen_US
dc.titleEfektivitas Acceptance-Commitment Therapy untuk Meningkatkan Kemampuan Regulasi Emosi Remaja Korban Kekerasanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM167029003
dc.description.pages144 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record