dc.contributor.advisor | Zulkarnain | |
dc.contributor.advisor | Mukhtar, Desvi Yanti | |
dc.contributor.author | Sofia, Melda | |
dc.date.accessioned | 2020-03-10T01:58:30Z | |
dc.date.available | 2020-03-10T01:58:30Z | |
dc.date.issued | 2020 | |
dc.identifier.uri | http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/24978 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menguji peranan efikasi diri dan dukungan sosial terhadap school wellbeing
pada peserta didik Pesantren Terpadu di Kota Tapaktuan. School well-being adalah penilaian
peserta didik mengenai keadaan sekolah yang mencakup seluruh perangkat-perangkat yang ada di
sekolah meliputi empat dimensi yaitu: having (kondisi sekolah), loving (hubungan sosial), being
(pemenuhan diri) dan health (status kesehatan). Penelitian ini dilakukan kepada 205 peserta didik di
dua Pesantren Kota Tapaktuan. Pengumpulan data menggunakan Skala School Well-being, Skala
Efikasi Diri, dan Skala Dukungan Sosial yang disusun oleh peneliti. Hasil penelitian ini dengan
menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa efikasi diri dan dukungan sosial berperan
terhadap school well-being secara signifikan dengan nilai F= 29.353 dengan p<.05. Efikasi diri dan
dukungan sosial memberikan sumbangan efektif sebesar 22.5% kepada school well-being. Oleh karena
itu, dalam meningkatkan school well-being pada peserta didik Pesantren Terpadu di Kota Tapaktuan
masih ada faktor lain yang lebih berpengaruh sebesar 77.5% selain efikasi diri dan dukungan sosial. | en_US |
dc.description.abstract | This study aims to examine the role of self-efficacy and social support toward school well-being in
Integrated Islamic Boarding School students in Tapaktuan city.School well-being is an assessment of
students about the state of the school which includes all the instruments in the school covering four
dimensions namely: having (state school), loving (social relations), being (self fulfillment) and health
(health status). This research was conducted on 205 students in two Tapaktuan City Boarding Schools.
The results showed that by using multiple regression analysis there is a role self-efficacy and social
support toward school well-being significantly with the value of F = 29.353with p <.05. Self efficacy
and social support together provide an effective contribution to the school well-being by 22.5%.
Therefore, in improving school well-being in Integrated Islamic Boarding School students in
Tapaktuan city there are other factors more influential by 77.5% in addition to self-efficacy and social
support. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | School Well-being | en_US |
dc.subject | Efikasi Diri | en_US |
dc.subject | Dukungan Sosial | en_US |
dc.title | Peranan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Terhadap School Well-Being pada Peserta Didik Pesantren Terpadu di Kota Tapaktuan | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM167029019 | |
dc.description.pages | 188 Halaman | en_US |
dc.description.type | Tesis Magister | en_US |