Efektivitas Psikoedukasi Pencegahan Kekerasan Seksual untuk Meningkatkan Keterampilan Keselamatan Pribadi Anak
View/ Open
Date
2020Author
Juarni, Silvia Eva
Advisor(s)
Mukhtar, Desvi Yanti
Daulay, Debby Anggraini
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan melihat efektivitas psikoedukasi pencegahan kekerasan seksual dalam
meningkatkan keterampilan keselamatan pribadi anak. Metode yang digunakan adalah eksperimen
kuasi dengan desain repeated measure design. Penelitian ini melibatkan 18 siswa kelas 4-5 SD yang
memiliki keterampilan keselamatan pribadi kategori sedang sampai rendah. Subjek penelitian
diperoleh melalui screening menggunakan Skala Keterampilan Keselamatan Pribadi, kemudian secara
acak dilibatkan ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen
memperoleh Psikoedukasi Pencegahan Kekerasan Seksual yang dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan,
sementara kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Alat ukur yang digunakan adalah Skala
Keterampilan Keselamatan Pribadi yang disusun sendiri oleh peneliti. Analisis statistik menggunakan
statistik non-parametrik Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang
signifikan antara pengukuran pre-test, post-tes, dan follow-up pada kelompok eksperimen, sementara
pada kelompok kontrol tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini berarti Psikoedukasi
Pencegahan Kekerasan Seksual secara signifikan efektif dalam meningkatkan keterampilan
keselamatan pribadi anak. Implikasi dari penelitian ini agar sekolah menerapkan intervensi sebagai
upaya mencegah kekerasan seksual pada anak. The objective of this research is to examine the effectiveness of psychoeducation on sexual abuse
prevention in increasing children's personal safety skill. The method is using quasi experiment with
repeated measure design. This study involved 18 elementary school students (grade 4-5) with
moderate to low personal safety skills. Subjects were obtained through screening using the Personal
Safety Skills Scale, then randomly assigned into experiment group and control group. The experiment
group was given Psychoeducation on Sexual Abuse Prevention in 4 session, while the control group
was not given any treatment. Data was retrieved using Personal Safety Skills Scale that were designed
by researcher. Statistical analysis using non-parametric Kruskal Wallis. The results showed that there
were significant differences between the pre-test, post-test and follow-up measurements in the
experiment group, while the control group did not show any significant difference. This means that the
Psychoeducation on Sexual Abuse Prevention significantly effective to increase children's personal
safety skill. Implication of this research is for schools to implement interventions as an effort to
prevent sexual abuse on children.