Show simple item record

dc.contributor.advisorMukhtar, Desvi Yanti
dc.contributor.advisorDaulay, Debby Anggraini
dc.contributor.authorJuarni, Silvia Eva
dc.date.accessioned2020-03-10T02:01:27Z
dc.date.available2020-03-10T02:01:27Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/24979
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan melihat efektivitas psikoedukasi pencegahan kekerasan seksual dalam meningkatkan keterampilan keselamatan pribadi anak. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain repeated measure design. Penelitian ini melibatkan 18 siswa kelas 4-5 SD yang memiliki keterampilan keselamatan pribadi kategori sedang sampai rendah. Subjek penelitian diperoleh melalui screening menggunakan Skala Keterampilan Keselamatan Pribadi, kemudian secara acak dilibatkan ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen memperoleh Psikoedukasi Pencegahan Kekerasan Seksual yang dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan, sementara kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Keterampilan Keselamatan Pribadi yang disusun sendiri oleh peneliti. Analisis statistik menggunakan statistik non-parametrik Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara pengukuran pre-test, post-tes, dan follow-up pada kelompok eksperimen, sementara pada kelompok kontrol tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini berarti Psikoedukasi Pencegahan Kekerasan Seksual secara signifikan efektif dalam meningkatkan keterampilan keselamatan pribadi anak. Implikasi dari penelitian ini agar sekolah menerapkan intervensi sebagai upaya mencegah kekerasan seksual pada anak.en_US
dc.description.abstractThe objective of this research is to examine the effectiveness of psychoeducation on sexual abuse prevention in increasing children's personal safety skill. The method is using quasi experiment with repeated measure design. This study involved 18 elementary school students (grade 4-5) with moderate to low personal safety skills. Subjects were obtained through screening using the Personal Safety Skills Scale, then randomly assigned into experiment group and control group. The experiment group was given Psychoeducation on Sexual Abuse Prevention in 4 session, while the control group was not given any treatment. Data was retrieved using Personal Safety Skills Scale that were designed by researcher. Statistical analysis using non-parametric Kruskal Wallis. The results showed that there were significant differences between the pre-test, post-test and follow-up measurements in the experiment group, while the control group did not show any significant difference. This means that the Psychoeducation on Sexual Abuse Prevention significantly effective to increase children's personal safety skill. Implication of this research is for schools to implement interventions as an effort to prevent sexual abuse on children.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectPsikoedukasi Pencegahan Kekerasan Seksualen_US
dc.subjectKeterampilan Keselamatan Pribadien_US
dc.subjectAnaken_US
dc.titleEfektivitas Psikoedukasi Pencegahan Kekerasan Seksual untuk Meningkatkan Keterampilan Keselamatan Pribadi Anaken_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM167029030
dc.description.pages181 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record