dc.description.abstract | Pada era digital saat ini, kebutuhan akan teknologi informasi juga semakinmeningkat.
Berbagai aspek kehidupan tidak bisa terlepas dari teknologi informasi. Dalam proses
perancangan maupun pengaplikasian teknologi informasi, seringkali perusahaan
membutuhkan jasa dari konsultan teknologi informasi/ konsultan IT.
Komponen kunci untuk menjaga kelangsungan hidup sebuah perusahaan dalam jangka
panjang adalah kepuasan pelanggan.Dengan adanya kualitas pelayanan yang baik terhadap
pelanggan maka diharapkan kepuasan pelanggan akan tercipta dan selanjutnya pelanggan
akan menjadi loyal. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari: tangible, reliability, responsiveness,
assurance, empathyterhadap loyalitas pelanggan dengan variabel interveningnya adalah
kepuasan pelanggan di PT Xtend Integrasi Indonesia. Jenis penelitian adalah explanatory
researchyaitu bertujuan menganalisis hubungan antara satu variabel dengan variabel lain.
Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna jasa internet PT Xtend Integrasi Indonesia.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan daftar pertanyaan. Metode analisis data dilakukan
dengan analisis jalur. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa1)Tangibledanreliability secara
parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sedangkan
responsiveness, assurancedan empathy secara parsial berpengaruh positif dan tidak
signifikan terhadap kepuasan pelanggan 2) Kualitas Pelayanan (Tangible, reliability,
responsiveness, assurance, empathy) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan pelanggan.3) Tangible,reliabilitysecara parsial berpengaruh negatif dan tidak
signifikan terhadap loyalitas pelanggan,responsiveness dan empathysecara parsial
berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas
pelanggan,assurancedankepuasan pelanggan secara parsial berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan pelanggan.4) Kualitas Pelayanan (Tangible, reliability,
responsiveness, assurance, empathy) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas pelanggan.5) Tangible, reliability dan empathy secara parsial berpengaruh tidak
langsung dan tidak signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan,
responsivenesssecara parsial berpengaruh langsung dan tidak signifikan terhadap loyalitas
melalui kepuasan pelanggan pelanggan sedangkan assurancesecara parsial berpengaruh
langsung dan signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan. | en_US |