Tayangan “Breakout” dan Minat Musik (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Tayangan Breakout di NET. TV Dengan Minat Musik Mahasiswa Etnomusikologi USU)
Abstract
This research entitled “Breakout Music TV Show with Ethnomusicology Faculty
of University of North Sumatera Students Interest in Music”. By selecting a
correlational study, researcher will describe how the correlation between
Breakout Music TV Show with Ethnomusicology Faculty of University of North
Sumatera Students Interest in Music. Theories that are considered relevant to this
study are: Communication, Mass Communication, Breakout Music TV Show on
NET.TV, Interest Theory and AIIDA Concept. The population is the class of 2015
students in Ethnomusicology Faculty of USU which is still actively studying. To
determine the number of sample, researcher used Arikunto formula because the
total population is less than 100, then the sample will be all the total sampling
instead. The total sampling of this research is 40 students. Researcher used
Purposive Sampling and Total Sampling as sampling technique. Researcher used
a single table analysis and as the data analysis technique, with the use of
Statistical Product and System Solution (SPSS). Conclusion is that there is the
correlation between Breakout Music TV Show on NET.TV with students interest in
music. Besides the content of the music show, students are also interested in many
hits musics including local and international music which adding their updates in
musics. With hope that in future, Breakout will always add informations about
music and give a better quality content for the audience. Penelitian ini berjudul Tayangan Breakoutdan Minat Musik (Studi Korelasional
Tentang Pengaruh Tayangan Breakout di NET. TV Dengan Minat Musik
Mahasiswa Etnomusikologi USU). Dengan studi korelasi, peneliti akan
menggambarkan bagaimana hubungan antara tayangan Breakout di NET. TV
dengan minat musik mahasiswa Etnomusikologi. Teori yang dianggap relevan
dengan penelitian ini adalah Komunikasi, Komunikasi Massa, Tayangan Breakout
di NET. TV, Teori Minat dan Model AIDDA. Pada penelitian ini yang menjadi
populasi adalah seluruh mahasiswa Etnomusikologi USU angkatan 2015 yang
masih aktif dalam proses perkuliahan. Untuk menentukan jumlah sampel
digunakan rumus Arikunto dikarenakan jumlah populasi hanya berkisar 100 ke
bawah, maka sebaiknya jumlah sampel adalah jumlah keseluruhan populasi (total
sampling) sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Maka dari
keseluruhan populasi yang berjumlah 40 orang menjadi sampel dalam penelitian.
Kemudian teknik penarikan sampel menggunakan Purposive Sampling dan Total
Sampling. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode kuesioner
(Field Research) dan metode kepustakaan (Library Research). Adapun teknik
analisis datanya menggunakan Analisis Tabel Tunggaldengan penggunaan
Statistical Product and System Solution (SPSS). Hasil dari penelitian ini adalah
terdapat hubungan yang berarti antara pengaruh tayangan Breakout di NET. TV
terhadap minat musik mahasiswa Etnomusikologi USU. Disamping kemasan
tayangan yang menarik, mahasiswa juga tertarik dengan berbagai hits dalam
maupun luar negeri yang tentunya menambah pengetahuan update mereka
terhadap musik. Tayangan Breakout diharapkan ke depannya akan selalu
menambah informasi dan konten musik yang lebih berkualitas serta memiliki
informasi musik yang lebih bermanfaat bagi para penontonnya.
Collections
- Undergraduate Theses [1786]