Pengaruh Electronic Word Of Mouth Communication/E-Wom Konsultan Oriflame Jaringan M3network Terhadap Kepercayaan Dan Keputusan Membeli Konsumen Oriflame Di Kota Medan
View/ Open
Date
2020Author
Siregar, Febbyola Jusitana
Advisor(s)
Humaizi
Zulkarnain, Iskandar
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh electronic Word of Mouth (e-WoM) konsultan Oriflame jaringan M3Network terhadap Kepercayaan dan Keputusan Membeli konsumen Oriflame di Kota Medan. Teori yang digunakan adalah teori e-WoM oleh Hennig Thurau, teori Kepercayaan oleh Mowen dan Minor dan teori Keputusan Membeli dengan model AISAS oleh Dentsu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode Surveieksplanatifdengan analisis regresi linear sederhana. Hasil hipotesis kemudian diuji dengan uji-t. Populasi dalam penelitian ini berjumlah ±7.800 konsumen setiap minggu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden, dengan proses penarikan sampel secara purposive sampling. Dari hasil uji hipotesis yang dilakukanterhadap 3 (tiga) hipotesis didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara e-WoM konsultan dengan kepercayaan konsumen Oriflame di Kota Medan (p= 0,000 < 0,05) dengan nilai (r = 0,479) menunjukkan tingkat hubungan sedang.Terdapat pengaruh yang signifikan antara e-WoM konsultan dengan keputusan membeli konsumen Oriflame di Kota Medan (p= 0,000 < 0,05) dengan nilai (r = 0,679) menunjukkan tingkat hubungan kuat, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara e-WoM konsultan terhadap kepercayaan dan keputusan membeli konsumen Oriflame di kota Medan (p= 0,000 < 0,05) dengan nilai (r = 0, 754) menunjukkan tingkat hubungan kuat. The objective of this research was to analyze the influence of electronic Words of Mouth (e-WoM) of M3 Network Oriflame Consultant on Oriflame Customers’ Trust and Purchase Decision in Medan. Theory of e-WoM by Henning Thurau, theory of Trust by Mowen and Minor, as well as theory of Purchase Decision with AISAS model by Dentsu were employed. This research used quantitative approach, with explanative survey method and simple linear regression analysis. The hypothesis resulted was tested by t-test. The population was ±7,800 consumers per week. The samples consisted of 96 respondents, selected by applying purposive sampling technique. The test results on 3 (three) hypotheses demonstrated that there was a significant influence between eWoM consultants and the consumer trust of Oriflame in Medan City (p = 0.000 <0.05) with a value (r = 0.499 ) that indicating a moderate level correlation. There is a significant influence between eWoM consultants with Oriflame consumer purchasing decisions in Medan City (p = 0.000 <0.05) with a value (r = 0.679) indicating a strong correlation level and, e-WoM consultants had significant influence on Oriflame consumers’ trust and purchase decision in Medan (p= 0.000 < 0.05) with value (r= 0.754) indicating a strong correlation.
Collections
- Master Theses [358]