Pengaruh Citra Merek dan Locus of Control Terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen yang Berbelanja di Toko Daring Zalora
View/ Open
Date
2020Author
Zikra, Ramziya
Advisor(s)
Adnans, Abdhy Aulia
Ginting, Eka Danta Jaya
Metadata
Show full item recordAbstract
The purpose of this study was to determine the effect of brand image and locus of
control on impulsive buying among women who shop at Zalora online stores. This
study involved 392 women in the city of Medan who had shopped at Zalora. The
measuring instruments used in this research are impulsive buying scale, brand
image scale and Levenson's Locus of Control scale. The results of multiple
regression analysis show that brand image and locus of control have a positive and
significant effect on impulsive buying, and when compared between the two
variables, brand image has a greater influence on impulsive buying than locus of
control. The results also show that impulsive buying and brand image owned by
women in Medan are in the medium category, while for locus of control tends to be
oriented towards external locus of control powerful others, followed by external
locus of control chance and internal locus of control. The implication of this
research is expected to help Zalora's management in improving the quality of the
company, including strengthening the brand image of Zalora itself and in terms of
getting more consumers in the future. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan locus of
control terhadap pembelian impulsif pada wanita yang berbelanja di toko daring
Zalora. Penelitian ini melibatkan 392 wanita dikota Medan yang pernah berbelanja
di Zalora. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pembelian
impulsif, skala citra merek dan skala Locus of Control oleh Levenson. Hasil analisa
regresi berganda menunjukkan bahwa citra merek dan locus of control berpengaruh
positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif, serta jika dibandingkan diantara
kedua variabel, citra merek memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap
pembelian impulsif dibandingkan locus of control. Hasil penelitian juga
menunjukkan bahwa pembelian impulsif dan citra merek yang dimiliki wanita
dikota medan berada pada kategori sedang, sedangkan untuk locus of control
cenderung berorientasi kepada locus of control eksternal powerful others yang
kemudian diikuti oleh locus of control eksternal chance dan locus of control
internal. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat membantu manajemen
Zalora dalam meningkatkan kualitas perusahaan termasuk didalamnya untuk
memperkuat citra merek dari Zalora itu sendiri serta dalam hal memperoleh lebih
banyak konsumen untuk kedepannya.