Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen pada Go-Pay di Kota Medan
View/ Open
Date
2020Author
Ramadhani, Ayu Rizki
Advisor(s)
Hidayat, Paidi
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kebermanfaatan, Kemudahan, Kompatibilitas dan Keamanan dalam mempengaruhi perferensi konsumen pada Go-Pay. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan dekskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan yang menggunakan Go-Pay pada layanan aplikasi Gojek yang berada di kota Medan. Sampel dipilih dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Penelitian ini dilakukan di 5 pusat perbelanjaan di kota Medan yaitu, Sun Plaza, Medan Fair, Centre Point, Manhattan, dan Suzuya Marelan Plaza dengan metode survey yaitu memberikan kuesioner terhadap 100 responden. Alat analisis menggunakan SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan kebermanfaatan, kemudahan, kompatibilitas dan keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi konsumen. Variabel keamanan memiliki pengaruh terbesar dalam mempengaruhi preferensi konsumen dalam menggunakan Go-Pay di kota Medan.
Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan dan penerbit mobile payment untuk memperhatikan faktor – faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam menggunakan mobile payment. This study aims to determine how much influence the Usefulness, Ease of Use, Compatibility and Security in influencing consumer preferences on Go-Pay. The type of research used is research using a quantitative descriptive approach. The population used in this study is customers who use Go-Pay on the Gojek application service in the city of Medan. Samples were selected using the Purposive Sampling method. This research was conducted in 5 shopping centers in Medan, namely, Sun Plaza, Medan Fair, Centre Point, Manhattan, and Suzuya Marelan Plaza with a survey method that gave questionnaires to 100 respondents. Analysis tools using SmartPLS 3.0.
The results of this study indicate the usefulness, ease of use, compatibility and security have a positive and significant effect on consumer preferences. The security variable has the biggest influence on consumer preferences in using Go-Pay in the city of Medan.
The implication of this research is expected to help companies and mobile payment publishers to pay attention to the factors that influence consumer preferences in using mobile payment.
Collections
- Undergraduate Theses [2752]
