Show simple item record

dc.contributor.advisorArlina
dc.contributor.authorNasution, Nursanti
dc.date.accessioned2020-09-10T07:27:39Z
dc.date.available2020-09-10T07:27:39Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/27446
dc.description.abstractPersepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan administrasi merupakan suatu langkah yang baik dalam memberikan masukan terhadap perubahan dalam bidang pelayanan kearah yang lebih baik lagi. Kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah harus menjadikan masyarakat sebagai prioritas dan tujuan utama dari kegiatan pelayanan tersebut. Pelayanan administrasi yang dalam hal ini adalah pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan administrasi di nagari Batahan kecamatan Ranah Batahan. Untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan administrasi yang diberikan oleh aparat pemerintahan ditingkat nagari dapat ditinjau dari segi prosedur pelayanan, sikap aparat nagari dan kualitas pelayanan yang diberikan oleh aparat nagari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang berusaha menggambarkan secara menyeluruh fenomena yang dimaksudkan. Data-data yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang berjumlah 30 orang mayarakat nagari Batahan, serta wawancara dengan instansi pemerintahan 2 orang (key informan) yang terdiri dari camat Ranah Batahan dan Wali nagari Batahan. Selanjutnya data yang diperoleh dituangkan dalam tabel frekuensi yang kemudian dianalisis,sedangkan hasil wawancara dituangkan dalam bentuk kutipan langsung. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dan dilanjutkan dengan analisa data, maka diperoleh hasil bahwa persepsi masyarakat nagari Batahan terhadap kualitas pelayanan KTP sampai sekarang ini masih dianggap bagus karena masyarakat merasakan pelayanan yang diberikan oleh aparat nagari sudah bisa memenuhi keingingan masyarakat. Masyarakat menganggap prosedur yang dilalui mudah, sikap aparat nagari yang sangat ramah dan bersahabat telah membuat masyarakat nagari puas akan pelayanan yang diberikan selama mengurus KTP.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectPersepsi Masyarakaten_US
dc.subjectPelayanan Administrasien_US
dc.subjectKartu Tanda Penduduken_US
dc.titleAdministrasi (Studi Tentang Pelayanan Kartu Tanda Penduduk di Nagari Batahan Kecamatan Ranah Batahan kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM050903036
dc.description.pages77 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record