Omotenashi pada Karyawan Perusahaan Ohanami Kyubei di Jepang
Abstract
Skripsi ini berjudul “Omotenashi pada karyawan perusahaan Ohanami Kyubei di Jepang”. Skripsi ini bertujuan untuk meneliti tentang filosofi omotenashi dan penerapan omotenashi pada karyawan Ohanami Kyubei di Jepang.
Dalam beberapa tahun terakhir, Jepang dikenal sebagai negara yang mengalami kemajuan signifikan dalam bidang bisnis, khususnya dalam bisnis jasa pelayanan. Kesuksesan perusahaan jepang tidak terlepas dari nilai-nilai filosofis yang dianut oleh perusahaan Jepang. Nilai filosofis tersebut digunakan sebagai pemikiran dasar perusahaan dan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan atau rekan bisnis perusahaan tersebut.
Dalam bisnis penginapan, istilah pelayanan disebut dengan omotenashi. Omotenashi adalah pelayanan yang dilakukan dengan sepenuh hati, melayani tamu dengan hati yang tulus secara maksimal. Pada penelitian ini, peneliti membahas tentang penerapan omotenashi pada salah satu perusahaan Jepang yang bergerak pada bidang bisnis penginapan bergaya tradisional Jepang yaitu Ohanami Kyubei. Ohanami Kyubei terletak di Yamanaka Onsen, Kota Kaga, Prefektur Ishikawa, Jepang.
Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif-kualitatif. Data yang diperoleh adalah hasil dari observasi langsung ke perusahaan Ohanami Kyubei. Metode lainnya adalah dengan melakukan wawancara dengan kepala perusahaan Ohanami Kyubei dan beberapa staff karyawan. Konsep dan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep omotenashi dan teori semiotik. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa filosofi omotenashi digunakan sebagai pemikiran dasar perusahaan dan karyawan Ohanami Kyubei dalam pelayanannya kepada pelanggan.
Filosofi omotenashi yaitu okyakusama wa kamisama yang memiliki arti bahwa pelanggan yang datang adalah seorang dewa yang membawa keberuntungan bagi perusahaan dan karyawan. Pelanggan diperlakukan seperti dewa dan dengan sepenuh hati agar pelanggan mendapat kenyamanan dan kepuasan. Filosofi ini juga diperkuat dengan konsep omotenashi yang dianut oleh perusahaan Ohanami Kyubei yaitu Omotenashi no Shingitai. Konsep ini memiliki makna kepedulian hati, keterampilan dalam melayani dan sistem organisasi yang mencerminkan keramahan dalam melayani pelanggan.
Penerapan Omotenashi dalam pelayanan karyawan kepada pelanggan yaitu Bahasa hormat yang digunakan karyawan dalam melayani pelanggan, penampilan karyawan yang rapi dan sopan, dan sikap karyawan dalam melayani pelanggan seperti seorang dewa dan dengan hati yang tulus. Maka dari itu, pelayanan karyawan kepada pelanggan mencerminkan konsep dan filosofi omotenashi.
Collections
- Undergraduate Theses [525]