• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Communication Science
    • Master Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Communication Science
    • Master Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Komunikasi Lintas Budaya Petugas Bea Cukai Dalam Melayani Masyarakat Pembawa Barang Impor di Bandara Internasional Kualanamu

    View/Open
    Fulltext (3.610Mb)
    Date
    2020
    Author
    Alfarizi, M. Razib
    Advisor(s)
    Lubis, Lusiana Andriani
    Lubis, Suwardi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi lintas budaya petugas bea cukai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pembawa barang impor, serta hambatannya dan hal yang perlu dibenahi petugas bea cukai agar tercipta komunikasi lintas budaya efektif di Bandara Internasional Kualanamu. Paradigma yang digunakan konstruktivisme dengan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan studi pustaka. Informan penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan 8 (delapan) orang informan terdiri dari 4 (empat) orang petugas bea cukai dan 4 (empat) orang masyarakat yang membawa barang impor. Triangulasi sumber data yaitu Kepala Seksi, Kepala Subseksi Pelayanan, wartawan, dan petugas karantina dengan tujuan untuk memperkuat keabsahan data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan proses komunikasi lintas budaya petugas bea cukai dalam melayani masyarakat pembawa barang impor sudah dilakukan dengan baik. Petugas bea cukai sudah memiliki kesadaran dan pemahaman tentang perbedaan budaya, motivasi, keterampilan, bahasa verbal dan nonverbal, kesiapan, memiliki niat yang baik, berempati, berpikiran positif, bersikap sabar, dan mampu mengatasi hambatan terkait bahasa, psikologis, dan persepsi. Komunikasi lintas budaya yang dilakukan oleh petugas bea cukai sudah berlangsung efektif dan telah memberikan pelayanan prima kepada penumpang asing dan lokal yang membawa barang impor di Bandara Internasional Kualanamu. Selain itu, pelayanan dan fasilitas fisik bea cukai juga sudah baik, namun untuk mewujudkan pelayanan yang efektif dan efisien pihak bea cukai diharapkan dapat menambah mesin EDC dari bank yang belum tersedia, dapat memberikan pelatihan berkomunikasi dalam melayani penumpang, serta pelatihan bahasa asing kepada seluruh petugas bea cukai yang bekerja di bandara.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/28213
    Collections
    • Master Theses [358]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV