Pengaruh Karakteristik dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Membeli Beras di Kota Medan
View/ Open
Date
2016Author
Kumboro, Eko Radityo Haryo
Advisor(s)
Supriana, Tavi
Ayu, Sri Fajar
Metadata
Show full item recordAbstract
The purposes of this research were to analyze the influence of consumer characteristics and preferences toward rice buying decision in Medan. This research used seven attributes of rice i.e taste, flavor, broken grains, durability, packaging, price and the distance of purchase location. The combinations of attributes arranged with the orthogonal approach and then analyzed using conjoint analysis in SPSS 16. The data used in this study were primary data by spreading the questionnaire to 100 repondents in Medan. The results showed that 47% of consumers of rice in Medan are the middle-income of Rp 2,000,000 to Rp 5,000,000. Consumer preferences in general or based on revenue were tasty rice with close buying location. The main attributes considered by consumers were taste, price and purchase location. The most preferred combination by consumers was combination No. 26, i.e tasty rice, pandanwangi flavored, medium broken grains, packing of 10 kilograms, durability more than one month, the price of Rp 10,000/ kilograms and close buying location. Based on the main interest (importance values) lower class consumers consider price (22.81%), middle-class consumers consider taste (21.76%) and upper class consumers consider price (19.78%) and taste (19.19%). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik dan preferensi konsumen terhadap keputusan membeli beras di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan 7 atribut pada beras yaitu kepulenan, aroma, butir patah, daya tahan, kemasan, harga dan jarak lokasi pembelian yang kombinasinya disusun dengan pendekatan ortogonal dan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis konjoin dengan SPSS 16. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menyebar kuesioner kepada 100 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 47% konsumen beras di Kota Medan berpendapatan menengah yaitu Rp 2.000.000-Rp 5.000.000. preferensi konsumen secara umum maupun berdasarkan pendapatan adalah beras yang pulen dengan jarak lokasi pembelian yang dekat. Atribut utama yang menjadi pertimbangan konsumen dalam keputusan membeli beras adalah kepulenan, harga dan jarak lokasi pembelian. Kombinasi yang paling disukai konsumen adalah kombinasi No. 26, yaitu beras yang pulen, beraroma pandan wangi, butir patah sedang, kemasan 10 kilogram, daya tahan lebih dari satu bulan, harga Rp 10.000/ kilogram dan jarak lokasi pembelian yang dekat. Berdasarkan tingkat kepentingan utama (importance values) konsumen golongan bawah mempertimbangkan harga (22,81%), konsumen golongan menengah mempertimbangkan kepulenan (21,76%) dan konsumen golongan atas mempertimbangkan harga (19,78%) dan kepulenan (19,19%).
Collections
- Master Theses [287]
