Implementasi Pasal 32 Undang-Undang Jabatan Notaris Tentang Serah Terima Protokol Notaris Pengganti dengan Notaris (Studi di Kota Medan)
View/ Open
Date
2020Author
Andika, Neza Dwi
Advisor(s)
Suprayitno
Sinaga, Henry
Azwar, T. Keizerina Devi
Metadata
Show full item recordAbstract
Notaris Pengganti adalah seseorang yang untuk sementara diangkat sebagai
Notaris untuk menggantikan Notaris yang sedang cuti, sakit, atau untuk sementara
berhalangan menjalankan jabatannya sebagai Notaris. Setelah pengangkatan
Notaris Pengganti yang dilantik oleh Majelis Pengawas Wilayah, Notaris dan
Notaris Pengganti wajib membuat berita acara serah terima protokol. Notaris yang
menjalankan cuti wajib menyerahkan Protokol Notaris kepada Notaris Pengganti
dan Protokol tersebut diserahkan kembali kepada Notaris setelah cuti berakhir.
Serah terima jabatan tersebut dibuatkan berita acara dan disampaikan kepada
Majelis Pengawas Wilayah dimana hak ini diatur di dalam Pasal 32 Undang-undang
Jabatan Notaris. Namun dalam praktiknya pada saat masa cuti Notaris berakhir,
tidak adanya dibuat berita acara serah terima protokol baik dari Notaris kepada
Notaris Pengganti, maupun Notaris Pengganti kepada Notaris saat masa cuti
Notaris Pengganti berakhir.
Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian yuridis normatif, yaitu suatu
pendekatan yang menggunakan konsep legal positif dengan cara mengkaji
penerapan kaidah atau norma dalam hukum positif. dengan menganalisis UU. No.
2/2014 tentang Perubahan UU. No. 30/2004, Peraturan Menteri Hukum dan Hak
Asasi Manusia No. 61/2016, didukung hasil wawancara sebagai alat bantu
penelitian ini dengan 2 Notaris, 2 Notaris Pengganti, dan 2 Majelis Pengawas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Pasal 32 Undang-undang
Jabatan Notaris di Kota Medan tidak sesuai ketentuan yang seharusnya, Berita acara
serah Terima Protokol Notaris dibuat sebanyak 2 (dua) tahap, yaitu pada saat
Notaris Pengganti menjalankan jabatannya serta menerima Protokol Notaris dan
pada saat Notaris Pengganti berakhir masa jabatannya serta menyerahkan kembali
protokol tersebut kepada Notaris yang digantikan tersebut. Akan tetapi hal tersebut
bertitik tolak dengan ketentuan yang telah diatur oleh Pasal 32 Undang-undang
Jabatan Notaris, adanya ketidak sesuaian antara ketentuan tersebut dengan praktik
yang berlangsung pada Notaris ataupun Notaris Pengganti dalam menjalankan
jabatannya. sanksi administratif berupa teguran secara lisan sesuai dengan
ketentuan Pasal 85 Undang-undang Jabatan Notaris terkait Pasal 32 Undangundang
Jabatan Notaris berdasarkan ketentuan Peraturan Menteri Hukum dan Ham
Nomor 61 Tahun 2016 Pasal 5 huruf e. Substitute Notary is someone who is temporarily appointed as a Notary to
replace a Notary who is on leave, sick, or temporarily unable to carry out his
position as a Notary. After the appointment of the Substitute Notary who is
appointed by the Regional Supervisory Board, the Notary and the Substitute Notary
must make the minutes of protocol handover. The notary who runs the leave must
submit the Notary Protocol to the Replacement Notary and the Protocol is returned
to the Notary after the leave ends. The handover of the position shall be made an
official report and submitted to the Regional Supervisory Council where this right
is regulated in Article 32 of the Notary Position Law. However, in practice when
the Notary leave period ends, no minutes are made for the handover of protocols
from the Notary to the Replacement Notary, or the Replacement Notary to the
Notary when the replacement Notary leave ends.
This type of research uses normative juridical research, which is an
approach that uses positive legal concepts by examining the application of rules or
norms in positive law. by analyzing the law. No. 2/2014 concerning Amendment of
Law. No. 30/2004, Minister of Law and Human Rights Regulation No. 61/2016,
supported by the results of the interview as a tool for this study with 2 Notaries, 2
Substitute Notaries, and 2 Supervisory Councils.
The results of the study showed that the implementation of Article 32 of the
Notary Position Act in Medan City was not in accordance with the supposed
provisions. The minutes of the handover of the Notary Protocol were made in 2
(two) stages, namely when the Substitute Notary carried out his position and
accepted the Notary Protocol and when the Notary Public The substitute ends his
term and returns the protocol to the replaced Notary Public. However, this point
starts with the provisions stipulated by Article 32 of the Notary Position Law, there
is a discrepancy between the provisions and the practices that take place at the
Notary or Substitute Notary in carrying out his position, administrative sanctions
in the form of verbal reprimand in accordance with the provisions of Article 85 of
the Notary Position Act related to Article 32 of the Notary Position Act based on
the provisions of the Minister of Law and Human Rights Regulation No. 61 of 2016
Article 5 letter e.
Collections
- Master Theses (Notary) [2270]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Peranan Ikatan Notaris Indonesia Dalam Pembinaan Notaris Dan Pengawasan Kode Etik Notaris Di Wilayah Sumatera Utara
Napitupulu, Herlina Ernawati (2017)The Indonesian Notarial Association in developing Notaries and supervision of Notarial Code of Ethics through the Notarial Supervisory Council that has the authority to develop Notary’s moral and ethics by conducting ... -
Pelaksanaan Magang Bagi Calon Notaris Pada Kantor Notaris Dikaitkan Dengan Ketentuan Pasal 16 A Undang-Undang No. 2 Tahun 2014 Tentang Jabatan Notaris Di Kabupaten Deli Serdang
Perangin Angin, Ire Tanari (Universitas Sumatera Utara, 2019)According to the Law on Notary Position No. 2/2014 on the Amendment to the Law No. 30/2004 on Notary Position, there is extra time for internship period from earlier 12 months to 24 months, in addition, article 16 A ... -
Analisis Yuridis Terhadap Pasal 37 UUJN-P Nomor 2 Tahun 2014 tentang Jabatan Notaris dan Kode Etik Notaris Mengenai Sanksi Bagi Notaris yang Menolak Memberikan Jasa Hukum Secara Cuma-Cuma Kepada Orang yang Tidak Mampu
Manik, Florence Permenta Br. (Universitas Sumatera Utara, 2020)Pasal 37 Ayat (1) dan Ayat (2) UUJN-P menyatakan bahwa Notaris wajib memberikan jasa hukum di bidang kenotariatan secara cuma-cuma kepada orang yang tidak mampu. Notaris yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud pada ...