Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Pembelian Properti
View/ Open
Date
2020Author
Munthe, Parlindungan
Advisor(s)
Lubis, M. Nawawiy
Rahmanta
Metadata
Show full item recordAbstract
Mempelajari perilaku konsumen sangatlah diperlukan oleh suatu organisasi yang berkecimpung
dalam suatu usaha, agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar yang sangat komplek
sifatnya sehingga dapat tercapai suatu pertukaran nilai antara pemasar dengan konsumen.
Penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian properti
diharapkan bisa merupakan informasi yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk menganalisa dan
mengkaji pelaksanaan strategi pemasaran yang dilakukan Developer sehingga dapat mencapai
tujuan organisasi bisnis yang optimal. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang
bersifat kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian properti dan
diperkirakan ada 4 (Empat) variabel yang paling mempengaruhi yaitu kelompok referensi,
lingkungan, Harga, dan aksesibilitas. Teknik sampling menggunakan metode random sampling
dengan menyebar kuisoner kepada 100 penghuni yang tiap sampel mewakili satu hunian di
Perumahan Cemara Asri. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil
penelitian menunjukan Kelompok Referensi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap
Keputusan Pembelian di Perumahan Cemara Asri. Lingkungan berpengaruh positif namun tidak
signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Perumahan Cemara Asri. Harga berpengaruh
negatif namun tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Perumahan Cemara Asri.
Aksesibilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Properti di
Perumahan Cemara Asri pada alpha 5%.