Pengaruh Kecerdasan Emosi dan Kelekatan Orangtua Terhadap Penyesuaian Diri pada Siswa Tahun Pertama di Dayah
View/ Open
Date
2020Author
Zahratulliza, Suci
Advisor(s)
Zulkarnain
Yurliani, Rahma
Metadata
Show full item recordAbstract
Dayah merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam di Aceh yang mengkolaborasikan pendidikan
ilmu pengetahuan agama Islam dan ilmu pengetahuan umum. Dayah memiliki peraturan dan
kegiatan rutin yang wajib diikuti oleh para santri. Hal ini membuat para santri belajar untuk
disiplin, mandiri serta harus menyesuaikan dirinya dengan kondisi tersebut. Terdapat beberapa
faktor yang mempengaruhi para santri melakukan penyesuaian diri, diantaranya kecerdasan emosi
dan kelekatan orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kecerdasan
emosi terhadap penyesuaian diri pada siswa tahun pertama di Dayah; 2) pengaruh kelekatan
orangtua terhadap penyesuaian diri pada siswa tahun pertama di Dayah; dan 3) pengaruh
kecerdasan emosi dan kelekatan orangtua terhadap penyesuaian diri pada siswa tahun pertama di
Dayah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, dengan jumlah subjek
penelitian sebanyak 200 orang yang berusia 12-13 tahun. Alat ukur yang digunakan berupa skala
penyesuaian diri, skala kecerdasan emosi, dan skala kelekatan orangtua. Hasil analisa data
penelitian menunjukkan bahwa: 1) kecerdasan emosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap
penyesuaian diri pada siswa tahun pertama di Dayah; 2) kelekatan orangtua berpengaruh positif
dan signifikan terhadap penyesuaian diri pada siswa tahun pertama di Dayah; dan 3) kecerdasan
emosi dan kelekatan orangtua secara bersama-sama berpengaruh terhadap penyesuaian diri pada
siswa tahun pertama di Dayah. Variabel kecerdasan emosi memberikan sumbangan lebih besar
terhadap penyesuaian diri pada siswa tahun pertama di Dayah dibandingkan dengan variabel
kelekatan orangtua. Implikasi dari penelitian ini adalah agar para santri dapat mengembangkan
kecerdasan emosi dan kelekatan orangtua untuk meningkatkan penyesuaian diri yang lebih baik. Dayah is an Islamic education institute in Aceh which is collaborating an Islamic educational and
general science education. Dayah has rules and routine activities which are must be followed by
the students. It can make the students learn to be diciplined, independent and must adjust
themselves to these conditions. Several factors influence the adjustment of students, including
emotional intelligence and parents’ attachment. This research has the objective to analyze: 1) the
influence of emotional intelligence to adjustment among first-year students at Dayah; 2) the
influence of parents attachment to adjustment among first-year students at Dayah; and 3) the
influence of emotional intelligence and parents attachment to adjustment among first-year students
at Dayah. This research using a saturated sampling technique with 200 subjects range from 12-13
years old. The measurement tools used are adjustment scale, emotional intelligence scale, and
parents’ attachment scale. The result of research data analysis showed that: 1) emotional
intelligence positively and significantly influenced to adjustment among first-year students at
Dayah; 2) parents attachment positively and significantly influenced to adjustment among firstyear
students at Dayah; and 3) emotional intelligence and parents attachment influenced to
adjustment among first-year students at Dayah. Emotional intelligence more contributed to
increasing adjustment among first-year students at Dayah rather than parents attachment. The
implication of this research is to develop emotional intelligence and parents attachment to
improves better adjustment.