Show simple item record

dc.contributor.advisorZulkarnain
dc.contributor.advisorYurliani, Rahma
dc.contributor.authorZahratulliza, Suci
dc.date.accessioned2020-10-12T04:09:55Z
dc.date.available2020-10-12T04:09:55Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/28588
dc.description.abstractDayah merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam di Aceh yang mengkolaborasikan pendidikan ilmu pengetahuan agama Islam dan ilmu pengetahuan umum. Dayah memiliki peraturan dan kegiatan rutin yang wajib diikuti oleh para santri. Hal ini membuat para santri belajar untuk disiplin, mandiri serta harus menyesuaikan dirinya dengan kondisi tersebut. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi para santri melakukan penyesuaian diri, diantaranya kecerdasan emosi dan kelekatan orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kecerdasan emosi terhadap penyesuaian diri pada siswa tahun pertama di Dayah; 2) pengaruh kelekatan orangtua terhadap penyesuaian diri pada siswa tahun pertama di Dayah; dan 3) pengaruh kecerdasan emosi dan kelekatan orangtua terhadap penyesuaian diri pada siswa tahun pertama di Dayah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 200 orang yang berusia 12-13 tahun. Alat ukur yang digunakan berupa skala penyesuaian diri, skala kecerdasan emosi, dan skala kelekatan orangtua. Hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa: 1) kecerdasan emosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyesuaian diri pada siswa tahun pertama di Dayah; 2) kelekatan orangtua berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyesuaian diri pada siswa tahun pertama di Dayah; dan 3) kecerdasan emosi dan kelekatan orangtua secara bersama-sama berpengaruh terhadap penyesuaian diri pada siswa tahun pertama di Dayah. Variabel kecerdasan emosi memberikan sumbangan lebih besar terhadap penyesuaian diri pada siswa tahun pertama di Dayah dibandingkan dengan variabel kelekatan orangtua. Implikasi dari penelitian ini adalah agar para santri dapat mengembangkan kecerdasan emosi dan kelekatan orangtua untuk meningkatkan penyesuaian diri yang lebih baik.en_US
dc.description.abstractDayah is an Islamic education institute in Aceh which is collaborating an Islamic educational and general science education. Dayah has rules and routine activities which are must be followed by the students. It can make the students learn to be diciplined, independent and must adjust themselves to these conditions. Several factors influence the adjustment of students, including emotional intelligence and parents’ attachment. This research has the objective to analyze: 1) the influence of emotional intelligence to adjustment among first-year students at Dayah; 2) the influence of parents attachment to adjustment among first-year students at Dayah; and 3) the influence of emotional intelligence and parents attachment to adjustment among first-year students at Dayah. This research using a saturated sampling technique with 200 subjects range from 12-13 years old. The measurement tools used are adjustment scale, emotional intelligence scale, and parents’ attachment scale. The result of research data analysis showed that: 1) emotional intelligence positively and significantly influenced to adjustment among first-year students at Dayah; 2) parents attachment positively and significantly influenced to adjustment among firstyear students at Dayah; and 3) emotional intelligence and parents attachment influenced to adjustment among first-year students at Dayah. Emotional intelligence more contributed to increasing adjustment among first-year students at Dayah rather than parents attachment. The implication of this research is to develop emotional intelligence and parents attachment to improves better adjustment.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectPenyesuaian Dirien_US
dc.subjectKecerdasan Emosien_US
dc.subjectKelekatan Orangtuaen_US
dc.subjectSiswa Tahun Pertamaen_US
dc.subjectDayahen_US
dc.titlePengaruh Kecerdasan Emosi dan Kelekatan Orangtua Terhadap Penyesuaian Diri pada Siswa Tahun Pertama di Dayahen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM167029011
dc.description.pages198 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record