Kompetensi Lulusan Teknik Industri USU dalam Rangka Memenuhi Kebutuhan Dunia Kerja pada Era Industri 4.0
View/ Open
Date
2020Author
Kasmawati
Advisor(s)
Nasution, Harmein
Sembiring, Meilita Tryana
Metadata
Show full item recordAbstract
Pendidikan abad ke-21 ini tidak dapat disamakan dengan model
pendidikan pada era sebelumnya. Perubahan yang cukup drastis dan sporadis
menuntut aspek pendidikan untuk menjadi bagian penting dalam memberi arah
kemajuan bagi kehidupan manusia. Memasuki era revolusi industri 4.0,
perguruan tinggi dihadapkan dengan tantangan untuk mempersiapkan lulusan
yang berkualitas agar siap terjun kedunia kerja, memiliki skill yang memadai
dan melengkapi SDM agar bisa bertahan di era revolusi industri 4.0, sehingga
mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan
bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi teknologi utama dan
kompetensi yang dibutuhkan di era industri 4.0 serta menentukan cara
meningkatkan kompetensi lulusan Teknik Industri USU agar sesuai dengan
perkembangan kebutuhan pasar era industri 4.0. Penelitian ini dilakukan
menggunakan studi literatur dan penyebaran kuesioner kepada perusahaan (user)
pengguna lulusan Teknik Industri USU. Penelitian ini merupakan penelitian
historis kualitatif dengan penggunaan Nvivo sebagai tools untuk analisa studi
literatur yang digunakan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi utama yang
dibutuhkan pada era industri 4.0 yaitu IOT, CPS, Big data, cloud computing,
virtual and augmented reality dan artificial intelligence dengan kompetensi
berbasis IoT, penguasaan communication skill, literasi teknologi informasi,
kepemimpinan, kemampuan berbahasa asing, kemampuan berpikir kritis,
kreativitas dan emotional intelligence atau kecerdasan emosi. Beberapa hal yang
dapat dilakukan oleh Departemen Teknik Industri USU dalam meningkatkan
kompetensi para lulusannya agar sesuai dengan kebutuhan Era Industri 4.0,
diantaranya adalah merancang kurikulum literasi industri baru secara spesifik
yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan industri 4.0 dan mempersiapkan secara
matang pada 3 aspek kompetensi yaitu pengetahuan, keahlian dan sikap. Melalui
hasil penelitian ini, diharapkan dapat memberi usulan bagi Departemen Teknik
Industri USU agar dapat meningkatkan kompetensi lulusan yang disesuaikan
dengan kebutuhan pasar pada era industri 4.0 This 21st-century education cannot be equated with the education model
of the previous era. Changes that are quite drastic and sporadic require aspects
of education to be an important part of providing direction for progress in human
life. Entering the era of the 4.0 industrial revolution, universities are faced with
the challenge of preparing qualified graduates to be ready to enter the world of
work, have adequate skills and complete human resources so that they can survive
in the era of revolution 4.0 so that they can contribute to economic growth and the
nation's welfare. This study aims to identify the main technologies and
competencies needed in the industrial era 4.0 and determine how to improve the
competence of USU Industrial Engineering graduates to match the development
needs of the industrial era 4.0 market. This research was conducted using a
literature study and distributing questionnaires to companies (users) who
graduated from USU Industrial Engineering. This research is a historical
descriptive study using Nvivo as a tool for analyzing the literature study used.
The results of this study indicate that the main technologies needed in the
industrial era 4.0 are IoT, CPS, Big data, cloud computing, virtual and
augmented reality and artificial intelligence with IoT-based competencies,
mastery of communication skills, information technology literacy, leadership,
foreign language skills. , critical thinking skills, creativity, and emotional
intelligence. Several things can be done by the USU Industrial Engineering
Department in improving the competence of its graduates to suit the needs of the
Industrial Age 4.0, including designing a new industrial literacy curriculum
specifically according to the needs of industrial companies 4.0 and preparing
carefully on 3 aspects of competence, namely knowledge, skill, and attitude.
Through the results of this research, it is hoped that the USU Industrial
Engineering Department will be able to improve the competence of graduates
who are tailored to market needs in the industrial 4.0 era.
Collections
- Master Theses [177]