Persepsi Dosen Universitas Sumatera Utara Terhadap Kebijakan Akses Terbuka (Open Access) Repositori Institusi
View/ Open
Date
2020Author
Askwana, Nurul
Advisor(s)
Siregar, A. Ridwan
Metadata
Show full item recordAbstract
Lokasi penelitian ini berada di Universitas Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi dosen Universitas Sumatera Utara terhadap kebijakan akses terbuka repositori institusi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Seluruh popoulasi merupakan dosen aktif Universitas Sumatera Utara yang berjumlah 1599 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode probability sample dan didapatkan sampel sebanyak 94 orang. Dengan teknik pengambilan sampel secara Simple Random Sampling sampel diambil secara acak. Data diperoleh dari pembuatan kuesioner sebanyak 23 butir pertanyaan melalui google form dan whatsapp yang disebarkan melalui e-mail yang didapat dari dirdosen.usu.ac.id.
Repositori institusi sudah cukup baik dipahami oleh dosen USU. Sudah hampir seluruh dosen pernah mengakses RI dan penyerahan karya ilmiah ke RI sudah normal. Dalam hasil pemahaman dosen USU terhadap konten RI juga sangat baik karena hampir seluruh dosen mengoptimalkan penggunaan konten RI. Pemanfaatan RI juga hampir seluruh dosen USU menjadikan RI sebagai referensi yang disarankan bagi mahasiswa dalam penyelesaian tugas akhir. Sebagian besar dosen juga memanfaatkan RI sebagai sumber informasi dan dalam pedoman mengajar. Pemahaman akses terbuka bagi dosen USU sudah cukup baik. Dan sebagian besar dosen USU menggunakan akses terbuka yang ada pada RI. Dalam pemanfaatan akses terbuka RI, hampir seluruh dosen USU setuju terhadap akses terbuka RI dan menyetujui dengan ini, informasi menjadi mudah diperoleh. Penerapan kebijakan akses terbuka RI menurut dosen USU sudah baik dilaksanakan. Kebijakan akses terbuka repositori institusi dianggap sangat berpengaruh bagi dosen USU sdan sebagian besar merasakan manfaat kebijakan akses terbuka RI sangat berpengaruh bagi komunikasi ilmiah dan dukungan terhadap ilmu pengetahuan.
Collections
- Undergraduate Theses [727]