Strategi Peningkatan Kualitas Layanan E-Learning Melalui Aplikasi Education Integrated Teaching (Edit) Dengan Integrasi Metode Servqual Dan Kano Model (Studi Kasus : Pt Kreasi Edulab Indonesia)”
View/ Open
Date
2019Author
Sahid, Deden
Advisor(s)
Fauzi, Amrin
Nazzarudin
Wibowo, Rulianda Purnomo
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini mengintegrasikan Metode SERVQUAL dan Kano Model untuk
menyusun strategi peningkatan kualitas layanan aplikasi pembelajaran dengan
platform e-learning bernama Education Integrated Teaching (EDIT) yang dimiliki
BIMBEL EDULAB sehingga pelayanannya sesuai dengan kebutuhan para user yakni
para siswa EDULAB. Data yang digunakan didalam penelitian ini adalah hasil
kuesioner dari 298 responden yang merupakan para user aktif EDIT. Hasil penelitian
dengan menggunakan Metode SERVQUAL menunjukkan bahwa 24 atribut
penelitian yang terbagi kedalam 4 dimensi layanan EDIT yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu web application design, easy of use, reliability dan system
avaibility yang dmemiliki kesenjangan negatif, dengan kesenjangan tertinggi terdapat
pada dimesi web application design. Artinya kualitas layanan EDIT saat ini belum
dapat memenuhi harapan para user EDIT. Hasil pengklasifikasian dengan
menggunakan Kano Model menunjukkan terdapat tujuh atribut penelitian termasuk
kedalam kategori must-be, tujuh atribut kategori one-dimensional, tiga kategori
attractive, dan tujuh atribut indifferent.