Pola Pelayanan dan Interaksi Sosial Supir dan Pengusaha Angkutan Umum di Perdagangan Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan tentang bagaimana pola pelayanan dan interaksi antara supir angkutan umum dengan penumpang di Perdagangan Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun, interaksi pengusaha dengan para calon penumpang, interaksi pengusaha dengan supir angkutan dan bagaimana proses penyelesaian yang terkait dengan masalah hukum yang dialami oleh penumpang jika terjadi kecelakaan dan lain-lain.
Metode pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi partisipasi, wawancara mendalam serta ditambah dengan studi pustaka. Observasi Partisipasi melibatkan peneliti dalam setiap kegiatan dan melakukan pengamatan pada aktivitas yang dikerjakan oleh pengguna angkutan umum. Wawancara mendalam yang dilakukan membuat peneliti berinteraksi langsung dengan para informan untuk menggali lebih dalam informasi yang dibutuhkan serta studi pustaka yang digunakan untuk mendukung dan penguat data hasil peneliti.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan interaksi supir angkutan dan penumpang memiliki hubungan baik dan tidak baik, dimana hubungan baik dapat saling membantu diantara keduanya sedangkan hubungan tidak baik keduanya saling mengalami kericuhan. Kejadian seperti ini yang menyebabkan banyaknya terjadi tindakan kekerasan yang pada saat ini lagi viralnya kasus-kasus pembunuhan supir maupun penumpang serta kekerasan lainnya yang kerap banyak dibicarakan di media sosial, koran, dan lain-lain
Kesimpulan dari penelitian ini ialah pelayanan yang dilakukan supir akan baik jika penumpang baik. Namun, apabila penumpang berperilaku tidak baik dan tidak sopan maka supir memperlakukan tindakan yang tidak baik ketika penumpang tidak mendengarkan penjelasan dari supir maupun pihak loket angkutan umum Kupj dan Travel.
Collections
- Undergraduate Theses [939]